Panen Perdana Kelompok Tani Fajar Bersama Dandim 0209/LB

0
3
Dandim 0209/LB ikut penen perdana di lahan milik Kelompok Tani Fajar.(Simantab.ist)

SIMANTAB.COM, Labuhanbatu – Dandim0209/LB Letkol Inf Santoso Rabu (6/2/2019) sekitar pukul 09.00 Wib panen perdana di wilayah Kodim 0209/LB seluas 50 Ha, milik Kelompok Tani Fajar di Dusun III A Kampung Lalang Desa Gunung Melayu Kec. Kualuh Selatan Kab.Labuhanbatu Utara.

Di kesempatan itu Dandim mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Desa Gunung Melayu khususnya Kelompok Tani Fajar yang antusias dan sudah sungguh-sungguh merawat lahannya sehingga dapat melaksanakan panen perdana. Dandim juga mengapresiasi kerja keras Kelompok Tani Fajar karena dapat meningkatkan hasil panennya.

“Sekarang para petani sudah lebih mudah karena sudah dibantu oleh pemerintah dalam bentuk bibit dan alat pertanian sehingga sangat membantu kesejahteraan petani dan masyarakat Labura,”Kata Santoso.

Dia mengimbau kepada masyarakat agar segera melapor ke Babinsa ataupun langsung ke padanya atau ke Dinas Pertanian Pemerintah Kab. Labura, jika menghadapi masalah pertanian. Dandim berharap lahan pertanian sawah di sana dapat dipertahankan menjadi lumbung padi di Kab. Labura.

Sementara itu Wakil Bupati Labura, Drs Dwi Prantara MM dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada TNI Khususnya Kodim 0209/LB atas kegiatan pendampingan program ketahanan pangan terkhusus di Wilayah Kab. Labura.

“Para Petani yang masih mempertahankan tanamannya berupa padi merupakan pahlawan pertahanan pangan,” sebutnya.

Rangkaian kegiatan panen perdana itu diakhiri degan kegiatan survei pengubinan hasil panen yang semula di tahun 2018 berkisar 7 Ton per ha. Saat ini melonjak hingga 8 ton per ha berdasarkan hasil laboratorium perhitungan secara ubin yang dilakukan oleh BPS Labura.

Tampak hadir diacara panen perdana tersebut Mayor Inf Tamrin Hasibuan (Danramil 01/AK),Kapolres/LB di Wakili Iptu M. Pasaribu (Wakapolsek Aek Kanopan),Kapten Inf Bahdi Siagian (Pasiter Kodim 0209/LB),Abdul Hariman S.Pd (Camat Kualuh Selatan),Hendrik Simarmata SP (Kadis Pertanian Kab. Labura),H. Saiful Anwar Tanjung (Kades Gunung Melayu),Jariah (Koordinator PPL Kualuh Selatan),Bustami (Ketua Kelompok Tani Fajar),  tokoh masyarakat, tokoh agama dan anggota Kelompok Tani Fajar.

 

Abi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.