Pastikan Data Peserta Akurat, BPJS Kesehatan Toraja Utara Lakukan Ini

0
17

Toraja Utara – Dalam rangka peningkatan akurasi data dan meningkatkan pemahaman masyarakat yang menjadi peserta JKN KIS yang di kelola oleh BPJS Kesehatan, maka BPJS Kesehatan Kabupaten Toraja Utara terus berupaya melakukan terobosan. Adapun yang gencar dilaksanakan saat ini adalah dengan kunjungan langsung ke Kecamatan dengan menggunakan Mobile Customer Service BPJS Kesehatan untuk memberikan informasi langsung kepada masyarakat terkait program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) .

Selain sosialisais langsung, dalam kesempatan tersebut juga di laksanakan pemutakhiran data peserta JKN KIS yang masih kurang valid khususnya peserta segmen PBI. Kepala Kantor Kabupaten Toraja Utara BPJS Kesehatan, Ariyani La’lang pada kegiatannya di Kecamatan Buntu Pepasan (6/9/2018) menjelaskan kegiatan ini digelar untuk memberikan informasi secara langsung kepada peserta JKN KIS di Kabupaten Toraja Utara agar memiliki pemahaman mengenai program JKN-KIS.

“Harapannya dengan kegiatan seperti ini, BPJS Kesehatan lebih dekat dengan masyarakat kemudian informasi yang disampaikan pada pertemuan hari ini dapat meningkatkan pemahaman tentang program JKN KIS dan dapat kembali disampaikan atau diteruskan kepada peserta JKN-KIS lainnya. Dalam kesempatan ini kami juga sekaligus melakukan pemutakhiran data peserta yang mana peserta JKN KIS khususnya segmen PBI masih banyak yang belum lengkap datanya, misal NIK yang masih belum sesuai dengan NIK e-KTP”, ungkap Ariyani.

Kegiatan sosialisasi tersebut pun disambut dengan antusias oleh Camat Buntu Pepasan dan masyarakat yang hadir pada kegiatan tersebut. Hal ini sebagaimana diungkapkan camat Buntu Pepasan Ruben To’allo bahwa kegiatan seperti ini lah yang dibutuhkan.

“Ini betul-betul pelayanan prima karena instansi langsung turun ke masyarakat, kami menginginkan pelayanan seperti ini lagi, kami sangat mendukung. Selanjutnya kami akan menjadwalkan kembali kegiatan serupa bersama BPJS Kesehatan” ungkap Ruben To’allo

Pada kesempatan tersebut, Ariyani juga menjelaskan bahwa kegiatan serupa telah sering dilakukan di wilayah kerja BPJS Kesehatan Kantor Kabupaten Toraja Utara.
“Kegiatan seperti yang dilaksanakan kali ini sudah sering dilaksanakan pada wilayah kerja BPJS Kesehatan Kabupaten Toraja Utara, kami sudah menjadwalkan kunjungan ke setiap Kecamatan dan juga instansi yang ada di wilayah Toraja Utara”, ungkap Ariyani.

Sebagaimana diketahui saat ini cakupan penduduk Kabupaten Toraja Utara yang sudah terdaftar menjadi peserta JKN KIS sudah mencapai 89% atau sekitar 212 ribu jiwa.

Diakhir kegiatan tersebut, Ariyani dan tim nya juga menyempatkan waktu untuk memperkenalkan kepada peserta terkait aplikasi Mobile JKN.
“Saat ini, BPJS Kesehatan telah memiliki aplikasi yang dapat diunduh pada handphone masing masing peserta. Pada aplikasi Mobile JKN ini, peserta bisa mendapatkan banyak kemudahan”, ungkapnya.

Berbagai kemudahan tersebut diantaranya adalah kemudahan dalam mendapatkan informasi, kemudahan dalam proses pendaftaran, kemudahan dalam perubahan data peserta, kemudahan mengetahui informasi data peserta dan keluarga, kemudahan mengetahui informasi dan jumlah tagihan, kemudahan menyampaikan keluhan serta kemudahan dalam mendapatkan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan. (Tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.