Pemkab Labuhanbatu Launching Aplikasi E-APBD

0
8

SIMANTAB.COM,Labuhanbatu-Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu launching aplikasi E-APBD Sistem Informasi Anggaran Daerah Integrasi (Siandi). Launching ditandai dengan penekanan sirine oleh Plt Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe ST, MT didampingi Setdakab Ahmad Muflih SH, MM, dan Wadir Polmed Ir. Berta Ginting MT, kegiatan tersebut berlangsung di Ruang Data dan Karya kantor Bupati setempat, Kamis (15/11/2018).

Andi Suhaimi Dalimunthe pada sambutanya mengharapkan, kepada para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dapat berkintribusi positif pada acara ini, karena ini merupakan amanat yang sangat penting untuk ditindaklanjuti dan dilaksanakan secara menyeluruh untuk dapat mendorong percepatan aplikasi E-APBD.

“Sebagaimana kita ketahui, peraturan Presiden RI Nomor 54 Tahun 2018 pasal 3 menyebutkan bahwa fokus strategi Nasional pencegahan korupsi adalah keuangan Negara, dengan sasaran proses perencanaan, penganggaran, dan kinerja birokrasi, selarah dengan hal tersebut, penerapan aplikasi E-APBD ini bertujuan untuk mencapai penetapan Persa APBD tepat waktu, dan dapat dilaksanakan secara lebih cepat, efektif dan efisien,” ujar Andi.

Lebih lanjut Andi mengatakan, kegiatan launching ini merupakan langkah awal dari suatu proses yang berkesinambungan demi terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik untuk pembangunan daerah di Kabupaten Labuhanbatu. Pemkab telah berkomitmen dengan Kementerian Dalam Negeri membangun Pusat Jejaring  Inovasi Daerah (Puja Indah) guna meningkatkan efektifitas, efisiensi dan kualitas pelayanan kepada Masyarakat.

“Saya ingin setiap jajaran Pemkab memiliki komitmen untuk menjalankan tugas, amanah dalam mengelola Pemerintahan dan bekerja keras untuk mencapai yang ingin kita capai, termasuk pencapaian Inovative Goverment Awards (IGA) Tahun 2019, kita bersama-sama meneruskan reformasi birokrasi untuk Labuhanbatu yang bersih, profesional, kompeten dan bermartabat,” kata Plt Bupati.

Sementara itu, perwakilan dari Politeknik Negeri Medan Wadir 4 Bidang Kerjasama Ir. Berta Ginting MT pada kesempatannya mengucapkan terimakasih kepada Pemkab, karena telah melibatkan Polmed dalam hal penerapan E-Goverment di Labuhanbatu, menurutnya, ini bukan lagi hal yang asing bagi Polmed, karena sudah banyak Kota dan Kabupaten yang telah berkolaborasi dengan pihaknya.

“Berbagai aplikasi telah banyak dihasilkan oleh Polmed, akan tetapi aplikasi yang dihasilkan hanyalah sebuah alat, aplikasi tersebut tidak bermanfaat jika tidak digunakan, untuk itu sangat penting bagi kita untuk berkolaborasi. Kami mengucapkan selamat Kepada Pemkab Labuhanbatu yang pada hari ini telah melaunching Sistem Informasi Anggaran Daerah Integrasi (Siandi),” ungkap Berta Ginting.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Labuhanbatu Hobol Zulkifli Rangkuti, S.Sos, MM melaporkan, manfaat penggunaan launching E-APBD ini guna membantu penyusunan perencanaan dan anggaran sesuai substansi dan tahapan penyusunan dokumen perencanaan, aplikasi dibangun secara terintegrasi serta untuk meningkatkan efisiensi biaya pengembangan dan pengelolaan aplikasi.

Tujuannya adalah untuk menyusun APBD tepat waktu sesuai dokumen perencanaan dan memberikan pemahaman yang sama kepada seluruh OPD terkait proses integrasi perencanaan dan penganggaran serta penyusunan APBD berbasis elektronik.

Lebih lanjut dijelaskan Hobol Zulkifli Rangkuti, Pelaksanaan launching dan workshop E-APBD dalam penyusunan perencanaan dan penganggaran untuk semua OPD dilaksanakan selama 3 hari, mulai dari tanggal 15 s/d 17 November 2018 bertempat di Ruang Data dan Karya Kantor Bupati Labuhanbatu dengan peserta sebanyak 130 orang yang terdiri dari Kepala OPD Kabupaten Labuhanbatu, Tim AD HOC Percepatan pengembangan aplikasi E-APBD di Lingkungan Pemkab Labuhanbatu dan Kasubbag Program Organisasi Perangkat daerah.(Abi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.