Pemkab Pakpak Bharat Sosialisasikan Peraturan Perundang-undangan Tipikor

0
134

SIMANTAB.COM, Pakpak Bharat – Dalam rangka semakin meningkatkan pemahaman Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Aparatur Desa terkait peraturan perundang-undangan, khususnya yang menyangkut tindak pidana korupsi, Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat melalui Bagian Hukum Setda menyelenggarakan Sosialisasi Peraturan Perundang-undangan tentang Tindak Pidana Korupsi pada Selasa (08/05/2018) di Bale Sada Arih, Kompleks Perkantoran Panorama Indah Sindeka, Salak.

Dalam acara yang dihadiri oleh para pimpinan OPD beserta jajaran terkait, para Kepala Bagian Lingkup Setda dan para Kepala Desa, Bupati Pakpak Bharat, Dr Remigo Yolando Berutu, M.Fin, MBA dalam sambutannya yang dibacakan Sekda, Sahat Banurea, S.Sos, M.Si, mengutarakan bahwa korupsi masih merupakan permasalahan yang serius di Indonesia, karena korupsi sudah menyebar disegala bidang dan sektor masyarakat. “Korupsi sudah merupakan pelanggaran terhadap hak-hak sosial dan hak-hak ekonomi masyarakat. Korupsi menjadi penyebab timbulnya krisis ekonomi, merusak sistem hukum dan menghambat jalannya pemerintahan yang bersih dan demokratis,” sebutnya.

Disampaikan juga bahwa sebagai Aparatur Sipil Negara dan Aparatur Desa agar berhati-hati dalam penggunaan dana untuk melaksanakan kegiatan yang bersumber dari APBN atau APBD.  “Kita sebagai Aparatur Sipil Negara harus mengetahui aturan-aturan yang ada, jangan sampai sengaja ataupun tidak sengaja terindikasi melakukan tindak pidana korupsi,” tandasnya.

Saat dikonfirmasi, Kasubbag Pengkajian Informasi dan Bantuan Hukum Bag. Hukum Setda, Rudianto Padang, SH, menyampaikan bahwa dalam kegiatan sosialisasi peraturan perundang-undangan tindak pidana korupsi ini ada beberapa topik yang akan dibahas, diantaranya mengenai upaya pencegahan korupsi di lingkungan pemerintahan dan menyikapi tindak pidana korupsi dan permasalahan hukum.

“Dalam kegiatan ini kami menghadirkan 2 orang narasumber, yaitu bapak Jarot Sembodo dari Balai Diklat BPK RI dengan materi Upaya Pencegahan Korupsi di Lingkungan Pemerintahan, dan Kasi Pidsus Kejari Dairi, C. Wijaya, SH, MH, yang membawakan materi Mengantisipasi Kerugian Keuangan Negara Melalui Upaya Pencegahan Korupsi di Lingkungan Pemerintah,” pungkasnya.

Acara berlangsung interaktif dimana terlihat banyak pertanyaan dari peserta yang hadir terkait tindak pidana korupsi. (Sudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.