Pencurian Buah Sawit Marak Di PTPN IV Kebun Marihat, Pelaku Tidak Ditahan

1
579

SIMANTAB.COM, Simalungun – Aksi pencurian buah kelapa sawit milik PTPN IV Kebun Marihat, marak terjadi. Salah satu contoh cesnya, seperti yang terjadi pada pencurian buah sawit di areal 010 P Afdeling IV kebun tersebut.

Menurut laporan yang telah diterima oleh pihak Polsek Tanah Jawa, pencurian diketahui pada Rabu ( 25 /01/2017 ) sekitar pukul 00.15 wib, dengan yang melaporkan atas nama Pahala Sitorus (44) Karyawan PTPN IV Kebun Marihat, alamat Pondok Afdeling III Kebun Marihat Nagori Parbalogan Kec Tanah Jawa kabupaten Simalungun.

Sedangkan untuk saksi saksi, Hermansyah (42), Karyawan PTPN IV Kebun Marihat, alamat Pondok Afdeling IV Kebun Marihat Nagori Parbalogan Kec Tanah Jawa Kab Simalungun dan Surya (43) yang juga karyawan PTPN IV.
Kronologis kejadian, Hari Rabu 25 Januari 2017 pkl 00.15 wib, pelapor bersama saksi melaksanakan Patroli di areal Blok 010 P, setelah mengadakan pengecekan di sekitar areal tsb, ternyata ada buah yang hilang.

Kemudian pelapor bersama saksi mencari di sekitar areal dan ternyata menemukan satu tandan sawit, kemudian dilanjutkan lagi melakukan pencarian, dan menemukan buah sawit sebanyak lima tandan.

Kemudian kembali melanjutkan pencarian ternyata ada seseorang yang tidak dikenal sedang melangsir buah sawit ke lokasi saluran air, selanjutmya pelapor menghunungi Centeng untuk datang ke areal Blok 010 P, dan pada saat tersebut. Pelapor bersama saksi melihat orang /pelaku yang tidak dikenal tersebut menaikkan buah sawit ke dalam mobil Pick Up L 300, selanjutnya Pelapor bersama saksi mendekati dan menahan Mobil Pick Up L 300 yang sudah bermuatan sawit.

Pada saat itu terjadi pertengkaran antara Pelapor/saksi dengan orang yang mengambil sawit, dan pemilik Mobil Pick Up tidak memberikan mobilnya untuk diamankan, dengan alasan mobil tersebut hanya mengambil ongkos, dan pemilik mobil tersebut bergegas menurunkan sawit dari dalam mobil, setelah selesai menurunkan sawit, kemudian pemilik mobil langsung meninggalkan tempat tersebut.

Selanjutnya sawit yang telah diturunkan dari dalam mobil tersebut diamankan oleh Pelapor/saksi dan membawanya ke Polsek Tanah Jawa sekaligus membuat pengaduan agar diproses sesuai Hukum yang berlaku.
Barang Bukti 56 Tandan Buah Sawit. Atas kejadian tersebut PTPN IV kebun Marihat mengalami kerugian sebesar Rp 1.209.600. (Die)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.