Perayaan HUT TNI : “Terimakasih Sudah Bangun Desa Kami”

0
248

SIMANTAB.COM, Siantar – Dalam Acara HUT TNI yang ke 71 berbagai kegiatan dilaksanakan di Mako Korem 122 Pantai Timur, di Jalan Asahan, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun, Rabu (05/10/2016.

Usai kegiatan upacara HUT TNI ke-71, Korem 022/PT menyelenggarakan acara syukuran yang dipimpin Komandan Korem 022/PT Kolonel Inf Gabriel Lema, S.Sos  dan Danrindam I/BB Kolonel Inf I Wayan Suarjana bertempat di Lapangan Makorem 022/PT dengan penuh kesederhanaan dan khidmat.

Acara syukuran ini dilaksanakan sebagai wujud ungkapan terima kasih dan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, sekaligus penyampaian ungkapan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah memberikan dukungan dan partisipasinya dalam membantu tugas pokok TNI di wilayah Korem 022/PT, sehingga seluruh tugas yang diembankan dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar sebagaimana harapan.
Pada kesempatan itu, Danrem 022/PT mengajak seluruh elemen masyarakat di wilayah ini untuk senantiasa bersama-sama menjaga perdamaian yang telah berjalan dengan baik, agar situasi keamanan semakin kondusif, sehingga pembangunan di daerah ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses.
Melalui kesempatan ini juga Danrem 022/PT menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh komponen masyarakat beserta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah yang telah turut serta membantu Tentara Nasional Indonesia dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya di wilayah ini. “Semoga suasana kebersamaan yang telah diwujudkan selama ini tetap dapat dipelihara dan ditingkatkan  di  masa yang  akan datang,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama Danrem 022/PT juga menyampaikan rasa bangga dan terima kasih kepada seluruh prajurit, PNS Korem 022/PT yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik.
Pelaksanaan acara syukuran tersebut ditandai dengan pemotongan tompeng oleh Danrem 022/PT Kolonel Inf Gabriel Lema, S.Sos  dan Danrindam I/BB Kolonel Inf I Wayan Suarjana didampingi ibu dan diberikan kepada prajurit termuda Pratu Maratua Bakti Pohan. Sementara itu untuk kue ulang tahun diserahkan kepada prajurit tertua Mayor Inf J. Parhusip dan Kapten Inf Hotmedi Damanik.

Kemudian acara dilanjutkan dengan penampilan tarian-tarian dan baca puisi oleh para siswa-siswi SMP dan SMU Kota Pematangsiantar serta pengumuman juara lomba baca puisi dan tari daerah tingkat pelajar se-Kota Pematangsiantar. Acara diakhiri dengan hiburan panggung prajurit, dalam kesempatan tersebut Danrem 022/PT dan Danrindam I/BB bernyanyi bersama dengan para prajurit.

#Pelaksanaan Upacara

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Komandan Korem 022/PT Kolonel Inf Gabriel Lema, S.Sos.  Upacara yang dimulai pada Pukul 08.00 Wib dihadiri Danrindam I/BB Kolonel Inf I Wayan Suarjana, Wadanrindam I/BB Kolonel Arh I Made Suryawan, Kasatdisjan, para Kasi Korem 022/PT, para Perwira Korem 022/PT dan Rindam I/BB.

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Danrem 022/PT Kolonel Inf Gabriel Lema, S.Sos mengajak seluruh prajurit dan PNS dan Keluarga Besar TNI untuk sejenak merendahkan hati dan menundukkan kepala seraya berdoa yang ditujukan kepada para pahlawan, sesepuh dan senior TNI yang telah mendarmabaktikan dirinya kepada bangsa dan negara serta TNI hingga saat ini.

Pada Peringatan ke-71 Hari TNI Tahun 2016 kali ini, memang tidak dilaksanakan secara terpusat dengan menampilkan upacara parade, defile dan demonstrasi atraktif para prajurit maupun alutsista TNI, tetapi upacara dilaksanakan di tingkat daerah secara sederhana.

“Harapan saya, semoga kegiatan yang dilaksanakan tidak mengurangi makna dan kemeriahan HUT TNI ini, karena setiap wilayah melaksanakan upacara yang dipadukan dengan pertunjukkan seni dengan mengangkat kearifan lokal budaya, seperti baca puisi, cipta lagu, tarian daerah setempat dan mengadakan kegiatan sosial bedah rumah, operasi katarak dan pengobatan masal. Hal itu merupakan kepedulian TNI kepada rakyat,” katanya.

Selanjutnya Panglima TNI mengatakan, penyelenggaraan HUT TNI pada hakekatnya merupaka salah satu bentuk laporan pertanggungjawaban TNI kepada rakyat atas pembangunan kekuatan TNI yang telah dan sedang dilaksanakan, khususnya pada tahun anggaran 2016.  Oleh karena itu, tema pokok pada kegiatan HUT ke-71 TNI ini adalah “Bersama Rakyat TNI Kuat, Hebat, Profesional, Siap Mewujudkan Indonesia Yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian”.

Makna yang terkandung di dalam tema tersebut adalah TNI tumbuh berkembang, serta berjuang bersama rakyat.  Inilah esensi ciri kesejatian TNI yang tidak boleh pudar ditengah arus globalisasi yang terus bergerak secara dinamis.  Kesejatian tersebut harus terus ditumbuhkembangkan dan diselaras-serasikan dengan pola pikir kehidupan masyarakat yang semakin modern, sehingga kecintaan akan tetap terbangun sebagai modal pokok, karena bersama rakyat TNI kuat dalam menjaga dan melindungi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selama ini TNI telah dan akan terus memberikan sumbangsihnya kepada bangsa dan negara baik melalui Operasi Militer Perang (OMP) ataupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Khususnya dalam tugas OMSP berbagai tugas telah dilakukan oleh prajurit TNI dengan baik yang melebihi panggilan tugasnya.
Dalam kesempatan Upacara HUT TNI Ke 71 tersebut, Danrem 022/PT menyerahkan Setya Lencana Kesetiaan kepada tiga orang prajurit yaitu, Mayor Arm Jokken Manurung Dankijar B Didikpur Rindam I/BB, Serda Jonggar Romson Panjaitan Wadan Klas A Ton 1Kijar B Secata A Rindam I/BB dan Praka Praja Suprianto Tabakpan-2 Ru II Ton II Kidemlat Rindam I/BB.

Sebebelumnya, Kegiatan Ziarah Nasional dalam rangka  Peringatan HUT TNI  Ke-71 dilaksanakan di TMP Nagur Pematangsiantar, pada hari Rabu pagi, tanggal 5 Oktober 2016 yang dipimpin  langsung oleh Komandan Korem 022/PT Kolonel Inf Gabriel Lema, S.Sos.

Kegiatan berlangsung dengan khidmat yang diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan dan dilanjutkan dengan peletakan karangan  bunga secara simbolis di Tugu Makam Pahlawan oleh Danrem 022/PT  selaku Inspektur Upacara serta diakhiri dengan penaburan bunga di makam pahlawan yang diikuti oleh seluruh peserta ziarah lainnya.

Diharapkan Ziarah Nasional yang dilaksanakan pada momentum peringatan HUT Tentara Nasional Indonesia yang ke-71 ini semakin memperkokoh rasa cinta terhadap tanah air dan sebagai wujud penghargaan  terhadap jasa para pahlawan pendahulu kita yang telah gugur dalam merebut, membela serta  mempertahankan  kemerdekaan  bangsa Indonesia dari  tangan  penjajah.

Hadir dalam Ziarah ini Danrindam I/BB, Wadan Rindam I/BB, Kasatdisjan, Para Kasi Korem 022/PT, Kapenrem 022/PT, Ketua Persit KCK Koorcab Rem 022 PD I/BB, Para Perwira Korem 022/PT dan Rindam I/BB.

“Usai pelaksanaan ziarah dilanjutkan dengan Upacara Puncak HUT ke-71 TNI Tahun 2016 bertempat di Lapangan Makorem 022/PT,” jelas Kapenrem 022/PT Mayor Inf Rudi Junianto.

# Terimakasih Sudah Bangun Desa Kami

Prajurit TNI bersama masyarakat disela-sela kegiatan TMMD.
Prajurit TNI bersama masyarakat disela-sela kegiatan TMMD.

Lurah Haranggaol Kecamatan Haranggaol Horisan Kabupaten Simalungun, Lindung Tarigan atas nama warga masyarakat  menyatakan bangga dengan adanya TNI yang ikut membangun di desanya, melalui TMMD ke-97 Kodim 0207/Simalungun.

Lurah Haranggaol Lindung Tarigan, merasa bangga. “Untuk itu atas nama warga Kelurahan Haranggaol saya mengucapkan banyak terimakasih kepada jajaran Kodim 0207/Simalungun yang mempedulikan aspirasi kami,” tandasnya.

Di setiap harinya anggota Satgas TMMD Reguler ke-97 Kodim makan dan minum bersama di lokasi TMMD ke-97 Kodim 0207/Simalungun.

Kebersamaan serta kehangatan antara TNI dan masyarakat sangat terlihat. Hal itu  menunjukan bahwa kehadiran TMMD ke-97 di Kec. Haranggaol Horisan bisa diterima dengan baik oleh warganya.

Satgas TMMD Kodim 0207/Simalungun dinilai masyarakat, memberi banyak nilai positif kepada warga. Kehadiranya mereka tak hanya menghadirkan kenangan baru, akan tetapi mereka juga meninggalkan pesan moral yang tak ternilai yakni semangat kerja keras, gotong-royong, kebersamaan dan solidaritas. Ternyata pekerjaan yang besar dan seberat apapun bisa diselesaikan dengan gotong-royong, ujar salah seorang warga.

Seluruh warga gembira menyambutnya. Kehadiran Satgas TMMD ibarat dewa penolong. Keceriaan tampak sekali di lokasi kegiatan TMMD.

Kepala Desa terharu menyaksikan kebersamaan prajurit TNI dan warga. Kedekatan dan keakraban telah menjauhkan jarak dan cara pandang masyarakat terhadap prajurit TNI tersebut. (Lud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.