Polsek Lolowau Nias Selatan Gagalkan Peredaran 175 Liter Minuman Keras Tuak Suling

0
22

Nisel – Petugas Kepolisian Sektor Lolowau Polres Nias Selatan, kembali menggagalkan peredaran minuman keras jenis tuak suling sebanyak 175 liter asal Kecamatan Huruna Kabupaten Nias Selatan. Minuman keras tersebut ditemukan petugas di dalam mobil, saat sedang melakukan operasi penyakit masyarakat (Pekat) di jalan umum Desa Lolowau Kecamatan Lolowau Kabupaten Nias Selatan Rabu malam (20/06).

Kapolres Nias Selatan AKBP Faisal F. Napitupulu, S.I.K., M.H. melalui Kapolsek Lolowau Iptu A. Yunus Siregar saat di konfirmasi melalui telepon seluler nya menjelaskan, saat itu pihak nya sedang melakukan Operasi Pekat di jalan umum Desa Lolowau Kecamatan Lolowau Kabupaten Nias Selatan, dan mendapat informasi dari masyarakat bahwa ada satu unit mobil yang membawa minuman keras jenis tuak suling akan melintas di kawasan tersebut. “Kita mendapat informasi adanya satu unit mobil yang membawa minuman keras jenis tuak suling yang akan melintas di lokasi razia. Namun setelah di tunggu selama kurang lebih satu jam, mobil yang membawa tuak suling tersebut tak kunjung melintas”, jelas Yunus.

Karena tak kunjung melintas, sambung Yunus, diri nya bersama anggota kemudian mencari keberadaan mobil tersebut hingga ke Desa Orahili Kecamatan Onohazumba, dan menemukan mobil tersebut sedang parkir di depan warung. “Mobil jenis Suzuki Karimun dengan Nomor Polisi BK 1781 OW tersebut kita temukan sedang parkir di depan warung dan langsung kita lakukan pemeriksaan”, ujar Yunus.

Masih kata Yunus, setelah dilakukan pemeriksaan, di bagian bagasi belakang mobil tersebut ditemukan 5 jerigen berisi cairan, yang setelah diperiksa ternyata berisi tuak suling atau Tuo Nifaro dengan volume sekitar 175 liter. Mobil bersama pengemudi nya langsung diboyong ke Polsek Lolowau untuk dimintai keterangan.

Saat dimintai keterangan, pengemudi mobil yang diketahui bernama Yufeni Ndruru Alias Ama Dika (36) mengaku 175 liter tuak suling tersebut diperoleh dari Ama Erni Gulo, di Desa Siforwasi Kecamatan Huruna Kabupaten Nias Selatan. Rencana nya tuak suling tersebut akan dibawa ke Desa Simandraolo Kecamatan O’o’u Kabupaten Nias Selatan.

Setelah di data dan membuat surat perjanjian tidak akan mengedarkan minuman keras, pengemudi mobil dipulangkan namun barang bukti 5 jerigen tuak suling disita. “Kita akan terus memberantas peredaran minuman keras, khusus nya di wilayah Hukum Polsek Lolowau, sesuai dengan perintah Kapolres Nias Selatan untuk menegakkan Peraturan Bupati Nias Selatan Nomor 04.20_33 Tahun 2017 tentang Larangan Minuman Beralkohol di Kabupaten Nias Selatan”, pungkas Yunus. (Geo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.