Polsek Panai Tengah Berhasil Mengamankan 2 Pelaku Sindikat Penangkar Burung Walet

0
166

SIMANTAB.COM, Labuhanbatu – Jajaran Polsek Panai Tengah berhasil meringkus 2 (dua) orang pelaku spesialis penangkar sarang burung walet di Desa Sei Rakyat, kecamatan Panai Tengah, kabupaten Labuhanbatu, Sumut (14/10/2018).

Berawal dari kecurigaan Warino (55) bersama anaknya sebagai penjaga penangkar sarang burung walet di dusun VI, Desa Sei Rakyat, kecamatan Panai Tengah, lalu Warino melihat ada 4 (empat) orang laki-laki yang tidak ia (Warino) kenal keluar dari penangkaran burung walet milik saudara Fahmi (30) warga Desa Teluk Sentosa, kecamatan Panai Hulu, Labuhanbatu.

Lalu ia (Warino) merasa sangat curiga dengan gelagat ke empat pria tersebut, dan ia mencoba mengikuti para lelaki, sekitar jarak 500 meter tiba-tiba terlihat ada sebuah mobil Avanza berwarna hitam yang sudah standby menunggu keempat pria tersebut.

Dengan gerak cepat Warino bersama anaknya mencoba untuk memberhentikan mobil yang ditumpangi oleh ke empat pria tersebut, namun mobil tersebut tidak mau berhenti. Tidak sampai disitu anak Warino mencoba melakukan pengejaran sambil mengimpormasikan kepada warga di daerah Ajamu, dan seketika itu pula petugas Polsek Panai Tengah mendapat informasi dari masyarakat bahwasanya ada pelaku pencurian sarang burung walet kabur mengendarai sebuah mobil Avanza berwarna hitam.

Dengan cepat personil Polsek Panai Tengah melakukan pengejaran menuju arah Rantau Prapat, sesampainya personil di wilayah hukum Polsek Bilah Hilir, tepatnya di Dusun Kampung Sipirok, Desa Selat Besar, kecamatan Bilah Hilir, petugas menemui mobil Avanza warna hitam yang dikendarai para pelaku parkir ditepi jalan dengan kondisi pecah Ban.

Petugas langsung memeriksa isi dalam mobil Avanza tersebut, dan menemukan beberapa barang bukti hasil pencucian sarang burung walet dan beberapa benda lainnya.

Informasi yang dihimpun Simantab.com Senin (15/10/2018) petugas dari Polsek Panai Tengah melakukan pengejaran terhadap para pelaku spesialis pencurian sarang burung walet yang melarikan diri dari kejaran polisi tersebut dan Pelaku dapat diamankan petugas pada Senin (15/10/2018) dini hari.

Kapolsek Panai Tengah AKP Bilmar Limbong kepada Simantab.com, membenarkan peristiwa keberhasilan personilnya dalam menangkap spesialis penangkar burung walet di desa Sei Rakyat tersebut.

” Benar personil Polsek Panai Tengah telah mengamankan 2 orang Pelaku spesialis penangkar burung walet di Desa Sei Rakyat, berawal dari informasi yang diterima dari masyarakat setempat, bahwasanya ada pencarian sarang burung walet yang mengendarai mobil Avanza warna hitam. Lalu petugas melakukan pengejaran dan berhasil mengamankannya” Sebutnya.

Dari kedua pelaku yang berhasil diamankan petugas diantaranya, Saipul Bahri Ritonga alias Ipul Rudi Tolek (45) seorang warga kecamatan Bilah Hilir, dan temannya Rudi Hartono (40) yang berwargakan Kisaran.

Dari dalam mobil Avanza warna hitam bernomor polisi (Nopol) BK 1172 VQ yang dikendarai para pelaku terdapat beberapa barang bukti yang turut diamankan petugas diantaranya, tali tambang warna putih diduga digunakan sebagai alat memanjat, pakaian, alas kaki, Bor tangan, STNK mobil Avanza sesuai dengan platnya atas nama Sugitar Magdalena, alamat jalan pahlawan No 5 lingkungan IV Tanjung Balai, 1 (satu) buah handphon, 1 (satu) lembar undangan pesta, 1 (satu) lembar kartu pengenal Icw atas nama Pito.

Kini pelaku dan barang buktinya mobil Avanza dan benda lainnya diamankan di mapolsek Panai Tengah guna proses penyelidikan lebih lanjut. (Dedi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.