Sabu Lebih 5 Kilo Gagal Edar

0
442

SIMANTAB.COM – Patroli Keamanan Laut (Patkamla) SSG II-I-47 Lanal TBA menggagalkan penyelundupan barang haram Narkoba yang berasal dari Malaysia di Perairan Tanjung Siapi-api, Kabupaten Asahan.

Dari seorang TKI ilegal berinisial AH (33) warga Dusun Pawang Ali Kelurahan Jangka Masjid, Kecamatan Jangka, Kabupaten Bireuen, Aceh, yang diamankan terkait kepemilikan 520 gram sabu sabu.

Penangkapan yang berawal saat Tim menggunakan Kapal Patkamla SSG II-I-47 yang dipimpin oleh Peltu Suprojo dan Komandan Unit Intel Lanal TBA Lettu (M) Bania Langkari melakukan pemeriksaan terhadap kapal kayu KM Berkah GT 10 No. 278/Phb yang mengangkut 58 orang TKI ilegal dari Malaysia.

Saat itu petugas menemukan kapal pengangkut TKI ilegal lego jangkar disebabkan kehabisan bahar bakar. Semula 58 TKI ilegal terdiri dari 12 wanita termasuk seorang bayi berusia 8 bulan dan 46 pria mengaku kepada petugas bahwa nakhoda, ABK dan KKM kapal KM Berkah telah turun dari kapal.

Kita curiga di antara mereka terbukti ada nakhoda, ABK dan KKM kapal. Hasilnya di antara 58 orang tiga orang adalah nakhoda dan ABK serta KKM ujar Komandan Lanal Tanjungbalai Asahan, Letkol Laut (P) Bagus Badari Amirullah SE memaparkan kronologi penangkapan di Mako Pomal TNI AL Jalan Masjid Kota Tanjungbalai, saat penyerahan tersangka dan barang bukti 520 gram sabu ke Polres Tanjungbalai.

Kapal KM Berkah saat lego jangkar berada pada posisi 02’55’156’LU 100’08’393’BT di Perairan Tanjung Siapi-api. KM Berkah yang kehabisan BBM ditarik kapal Patkamla ke Pos TNI AL di Bagan Asahan.

Tersangka AH merupakan TKI yang bekerja di Malaysia. AH terbukti membawa sabu dari Malaysia atas suruhan seseorang yang rencananya diserahkan setiba di Medan. Upah yang dijanjikan sebesar Rp10 juta. Kita akan terus dalami apakah tersangka terkait jaringan sindikat Narkoba dengan tersangka yang sebelumnya kita tangkap,” terang Bagus sembari menambahkan sabu seberat 520 gram tersebut disimpan di dalam tas dan celana dalam tersangka.
Dan hasil pemeriksaan tes urin tersangka dinyatakan positif pengguna Narkoba.

Usai pemaparan Bagus menyerahkan barang bukti 520 gram sabu dan tersangka AH kepada Kapolres Tanjungbalai AKBP Tri Setyadi yang disaksikan Kasat Narkoba AKP M Yunus Tarigan dan BNNK serta perwira TNI AL. (Die)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.