Sambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 H, Pemkab Labuhanbatu Gelar Tabligh Akbar

0
19

Simantab. Com, Labuhanbatu-Dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriyah, Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu bersama PHBI menggelar tabligh akbar yang berlangsung di Lapangan Ika Bina Rantauprapat, Rabu (5/9/2018). Tabligh akbar tersebut turut diramaikan oleh ribuan masyarakat Labuhanbatu.

Plt Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi dalam sambutannya menjelaskan, tahun batu hijriyah adalah tahun baru bagi umat islam, yang jatuh setiap tanggal 1 Muharram yaitu adalah bulan pertama dalam penanggalan islam yang disebut hijriyah, bulan januari merupakan bulan pertama dalam penanggalan masehi.

“Penanggalan dalam tahun islam disebut tahun “Hijriyah” adalah hasil dari musyawarah Umar Bin Khatab dan para sahabatnya untuk menetapkan peristiwa hijriyahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madina sebagai awal penanggalan dalam kalender umat islam karena merujuk kepada peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW,” kata Plt Bupati.

Selanjutnya Andi Suhaimi mengatakan, Pemkab Labuhanbatu sesungguhnya sangat menaruh perhatian besar pada kegiatan keagamaan di Labuhanbatu,  banyak hal yang dilakukan Pemkab Labuhanbatu dalam meningkatkan kualitas keberagamaan masyarakat di Labuhanbatu.

“Menyambut tahun baru hijriyah memang tidak perlu meriah, apalagi sampai hura-hura atau melakukan perbuatan maksiat, untuk itu oada kesempatan ini saya meminta kepada seluruh masyarakat Labuhanbatu dalam menyambut tahun baru hijriyah mari kita contoh perilaku Rasulullah SAW, seperti melakukan puasa pada tanggal 10 Muharram,” ujar Andi Suhaimi.

Plt KA. Kantor Kemenag yang juga Plt. Ketua PHBI Kabupaten Labuhanbatu H. Ilham Hasibuan menjelaskan, kegiatan tabligh akbar bertujuan untuk mensyiarkan islam khususnya penyambutan tahun baru islam 1 Muharram 1440 Hijriyah sekaligus pelepasan calon mahasiswa Universitas Al-Azhar-Mesir penerima beasiswa Pemkab Labuhanbatu.

“Kami berharap kegiatan keagamaan ini dapat dilanjutkan dan ditingkatkan pada waktu yang akan datang, dan khusus kepada kegiatan beasiswa kami memohon kepada pak Bupati agar menganggarkan dalam APBD Labuhanbatu serta beasiswa-beasiswa lainya sehingga dapat memberi manfaat kepada seluruh masyarakat Labuhanbatu,” ujar Ilham Hasibuan.

Acara tabligh akbar tersebut diwarnai dengan tausiyah yang dibawakan oleh wakil sekjen MUI pusat Al Ustadz H Tengku Zulkarnaen , didalam tausyahnya beliau menyampaikan untuk terus mengaplikasikan sunah-sunah Rasulullah SAW di dalam kehidupan sehari-hari.

“Seorang muslim yang telah meyakini kebenaran Islam, ia harus mengembalikan seluruh dimensi kehidupannya dalam rengkuhan nilai-nilainya yang terdapat dalam Al-Quran dan As-Sunnah, keduanya harus dijadikan referensi utama dalam cara berfikir, cara mengambil keputusan dan cara bertindak, karena Al-Quran dan As-Sunnah inilah merupakan sumber petunjuk yang mampu membimbing manusia muslim ke jalan yang benar,” sebut Al Ustadz H. Tengku Zulkarnaen.(Abi) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.