Segini Dana yang Dibutuhkan Untuk Perbaikan Bandara Tuan Rondahaim

0
263

SIMANTAB.COM, Simalungun – Untuk memperbaiki landasan Bandara Tuan Rondahaim,  setidaknya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun membutuhkan dana sekitar Rp 1 M.  Hal ini dikatakan oleh Ramadani Purba,  Plt Kepala Dinas Perhubungan Pemkab Simalungun,  melalui seluler,  Jumat (09/12/2016).

Dijelaskan olehnya bahwa Bandara yang telah ditinjau oleh Direktorat Kementerian Perhubungan itu, keperluan dana Rp 1 M hanya sebatas  dipergunakan untuk melakukan pengerasan landasan setidaknya hingga mencapai agregat A. “Biasanya itu bekerja sama dengan dinas PU. Kalau bawahnya (pondasi) sudah bagus tinggal gampang menghitungnya. Kalau untuk kebutuhan,  yang pertama dilakukan pembersihan terhadap lapangan. Lalu pelebaran untuk Run Way (landasan pacu). Sekarang landasan itu sudah ada yang tergenang air,  itukan harus dibaguskan,” ucapnya.

Ditambahkan olehnya,  kalau panjang landasan tersebut juga memerlukan penambahan.  Ini dikarenakan,  landasan awal panjangnya belum memenuhi standart.  “Namun sayangnya,  kita belum memiliki dana untuk melakukan perbaikan terhadap bandara.  Ditahun ini pada pembahasan KUA PPAS dengan komisi II DPRD Simalungun,  ada dianggarkan sebesar Rp 100 juta hanya untuk pembersihan saja.  Semak kali bandara itu, kayunya sudah besar besar. Nanti kalau sudah dibersihkan, akan ditanami oleh rumput hijau,” ujarnya.

Kalau keinginan Pemkab, kata Ramadhani, bahwa rencana untuk pengaktifan bandara ada. Tetapi Pemkab Simalungun masih kekurangan dana. Kemudian, masih memerlukannya perbaikan perbaikan dan penambahan kelengkapan Bandara Tuan Rondahaim Saragih.

Sementara itu, sebelumnya diruang komisi II DPRD Kabupaten Simalungun, terlihat,  anggota legislatif yang bergabung didalamnya,  tengah melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) terkait nomenklatur kegiatan pada KUA (Kebijakan Umum APBD) PPAS (Proritas Plafon Anggaran Sementara) dengan pihak eksekutif mitra kerja mereka.

Dipembahasan  pada nomenklatur Dinas Perhubungan,  terdapat beberapa kegiatan yang rencananya akan dilakukan,  antara lain,  pembersihan tanaman di Bandara Tuan Rondahaim Saragih,  pembuatan marka jalan yang diprioritaskan pada jalan penghubung milik Kabupaten.

Rapat sempat di hentikan Sastra Sirait salah seorang anggota dewan dikomisi itu melihat terjadinya perubahan nilai anggaran pada beberapa item penjelasan baik di belanja langsung dan tidak langsung. Pergeseran anggaran tersebut terjadi pada moblier. 

Sebelumnya,  Bandara Tuan Rondahaim,  beberapa waktu lalu telah beberapa kali dilakukan uji coba pendaratan dengan mempergunakan pesawat milik maskapai Susy Air. (Die)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.