Sekdes Lingga Tiga Ngundurkan Diri, Oknum Kades Angkat PLH Sekdes Secepat Kilat

0
196

Simantab. Com,Labuhanbatu-Seketaris Desa lingga tiga, Kecamatan Bilah Hulu, Kabupaten Labuhanbatu berinesial AS mengundurkan diri dari jabatanya diduga karena tak sejalan degan kepala desa yang dipimpin SP (Foto).Alhasil Oknum Kades tersebut mengganti Pejabat Harian secepat kilat dengan mengangkat dari bidang Kaur bermarga Sinaga.

Sumber menyebut, atas tidak keharmonisan Sekdes dan Kades diduga karena urusan anggaran dari pemerintah pusat yang diterima milyaran rupiah.

“Maklum lah bang, anggaran didesa kan banyak sekali, mungkin gara-gara anggaran itu kali, dan kabarnya Bumdes dilingga tiga saja tidak berjalan, uangnya entah kemana kami juga ngak tahu kemana rimbanya, “Kata Sumber, Warga Lingga tiga yang tak mau dituliskan namanya,Selasa (25/9/2018).

Menurutnya,degan banyaknya anggaran didesa lingga tiga kiranya penegak hukum dapat melidik atas kinerja kepala desa SP.

“Saya sebagai warga lingga tiga kiranya anggaran desa dapat dilidik penegak hukum, kalau sudah tak sejalan kades dan sekdesnya bagaimana roda pemerintahan dapat berjalan lancar, malah diangkat PLH yang bukan bagian dari Pegawai negeri sipil, “Cetus Warga itu.

Sementara tim Simantab. Com mencoba menulusuri atas ocehan warga, Kepala Desa Lingga Tiga Suprianto mengakui pihaknya melakukan pergantian Sekdes tersebut atas dasar rekomendasi dan persetujuan dari pihak pemerintahan Kabupaten.

“Sudah kita laporkan ke Camat dan Plt Bupati, disetujui, dan saya keluarkan surat penugasannya sebagai pelaksana harian (Plh), pejabat sekdes yang sekarang sudah menjalankan tugas selama 4 bulan, dan gajinya hanya dikeluarkan atas jabatan Kaur Kesra,” ungkap Kades Rabu (26/9/2018).

Disingung atas mengundurkan dirinya sekdes disebabkan apa, disebabkan atas ingin mengambil kesetaraan S1 sehingga mengundurkan diri. Disinggung lagi, apakah benar dana bumdes belum digunakan desa,Kades SP mengakui hal tersebut.

Selanjutnya, Aman Sinaga Kaur Kesra Desa Lingga Tiga yang juga merangkap Sekretaris Desa, dia terlihat sama sekali tidak mengetahui jabatan yang diembannya.

“Saya saat ini Plh Sekdes bang, surat yang ada hanya nota dinas dikeluarkan pak Kades, tidak ada surat lainnya. Saya juga Kaur dan Ketua TPK sampai saat ini,” terangnya kepada sejumlah wartawan.

Sedangkan Camat Bilah Hulu Hamdi Siregar dikonfirmasi melalui selulernya membantah kalau ia telah menyetujui atas diangkatnya PLH tersebut, bahkan ia menyarankan agar dirapatkan dulu atas pergantian PLH namun belum juga dilakukan.

“Kalau surat dari kades ada atas pengusulan itu yang kita terima, namun kalau disetujui kita sarankan agar dirapatkan dulu,”Cetus Hamdi. (Abi) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.