SMK Dewi Sartika Bilah Negeri Lama Gelar Study Tour Ke kabupaten Paluta, Guna Penelitian Sejarah Kebudayaan

0
391

SIMANTAB.COM, Labuhanbatu – Sekolah menengah kejuruan (SMK) Dewi Sartika Negeri Lama, Kecamatan Bilah Hilir, kabupaten Labuhanbatu, Sumut. menggelar study tour ke luar kabupaten Labuhanbatu, tepatnya ke kabupaten Padang lawas Utara (Paluta) di Candi Bahal Portibi. (1/5/2018).

Kegiatan yang dilakukan tersebut merupakan agenda pembelajaran diluar kelas atau di luar sekolah, Agar para pelajar mampu memadukan pelajaran teori di sekolah dan dilapangan, Dengan berkunjung ke Candi Bahal Portibi Paluta. Sejarah Peninggalan Vajrayana Budha.

Bagi seluruh siswa kelas satu jurusan akademi perkantoran (AP) dan tehnik komputer jaringan (TKJ) SMK Dewi Sartika Bilah, Dalam rangka tugas akhir semester genap, Pelajaran sejarah Indonesia dengan tema “Akulturasi Kebudayaan Nusantara Abad Hindu Dan Budha”. Bagi seluruh siswa agar dapat mengerjakan lembar kerja siswa (LKS) di luar sekolah.

Nanti Siswa-siswi sampai di sana dibagi LKS, mereka mempelajari ilmu tentang Sejarah kebudayaan Abad Hindu dan Budha. Tugasnya pun disesuaikan dengan tingkatan Pelajaran Siswa-siswi,” Sebut Rodiah Siregar Spd, Guru Bidan studi sekaligus ketua pelaksana SMK Dewi Sartika Bilah Negeri Lama.

Diakuinya study tour ke Candi Bahal Portibi kabupaten Paluta dilakukan sesuai dengan kurikulum Sekolah serta disepakati bersama Oleh Wali murid dan sekolah, bahwa tahun pertama ini SMK Dewi Sartika Bilah Negeri Lama. mengadakan outbound atau study tour ke lokasi peninggalan sejarah abad Hindu dan Budha ke Paluta.

Menurut dia, hal ini bisa membantu menghilangkan kejenuhan para peserta didik saat bergelut dengan pelajaran diruangan kelas.

“Karena Di sekolah SMK Dewi Sartika Bilah, Negeri Lama Kecamatan Bilah Hilir tidak mempunyai tempat bermain edukasi yang bisa menambah pengetahuan mereka. Maka, kami memilih yang terdekat yakni, Paluta yang memenuhi syarat.

Siswa yang ikut study tour karyawisata hanya siswa-siswi kelas satu dengan dua kejuruan AP dan TKJ, dengan total siswa-siswi 100 orang, terbagi di dua bus,” terangnya.

“Semoga peserta didik mendapatkan pengetahuan baru di tempat yang mereka kunjungi untuk pengetahuan mereka. Dan semoga pelajar siswa-siswi yang ikut Study Tour dapat menambah pengetahuannya” Ucap H. Mursyid Dalimunthe SKM. Pendiri SMK Dewi Sartika Bilah, Disela-sela keberangkatan rombongan. (Dedi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.