Spanduk Tangkap Pelaku Politik Uang Marak di Pilkada Jakarta

0
468

SIMANTAB.COM, Jakarta  – Spanduk bertuliskan tangkap pelaku politik uang marak tersebar di beberapa wilayah di DKI Jakarta. Himbauan ini merupakan gagasan dari Gerakan Relawan Independen (GRI) dan Relawan Rakyat Merah Putih (RMP) untuk Pilkada Jakarta Bersih.

Berdasarkan hasil temuan lapangan, spanduk-spanduk tersebut telah dipasang di beberapa titik strategis seperti di Kemayoran, Jakarta Pusat dan Ceger, Jakarta Timur, serta di posko-posko relawan tersebut.

Penggerak Relawan Tangkap Politik Uang Immanuel Hutapea menuturkan, total spanduk yang dipasang baru sekitar 100 spanduk besar dan 300 spanduk kecil.

“Jumlah spanduk tangkap politik uang ini akan terus bertambah dan dipasang di banyak wilayah DKI Jakarta. Sebab, ada dugaan kasus politik uang akan marak terjadi di Pilkada DKI Jakarta,” ujar Immanuel kepada wartawan di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta, Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, Jumat (17/2/2017).

Dengan spanduk tangkap politik uang yang disertai nomor kontak pengaduan itu, Immanuel berharap kesadaran warga akan semakin bertumbuh kuat untuk segera melaporkan jika ada terjadi praktik-praktik politik uang oleh tim sukses pasangan calon manapun.

Sementara itu, Sabar Mangadu Tambunan juga selaku penggerak relawan tangkap politik uang mengatakan bahwa pelanggaran adanya politik uang marak terjadi saat pemilihan gubernur dan wakil gubernur di hampir semua daerah di Indonesia.

Menurut Sabar, proses demokrasi akan terciderai dan pemilihan calon pemimpin yang bersih dan antikorupsi akan sulit didapatkan jika ada pembiaran-pembiaran politik uang berlangsung terus menerus di tengah-tengah masyarakat.

“Proses demokrasi bisa terhambat, dan pemimpin korupsi akan terus tumbuh subur jika politik uang terus dibiarkan. Tapi kami akan serius menggalang masyarakat untuk tolak politik uang, kami akan tindaklanjuti setiap ada tertangkap tangan pelaku pelanggaran politik uang,” tegas Sabar.

Immanuel mengiyakan pendapat Sabar yang menjanjikan akan menindaklanjuti setiap pelaku politik uang. “Kami akan terus investigasi kasus-kasus politik uang di Pilkada DKI Jakarta, karena warga ingin mendambakan pemimpin yang bersih, jujur, dan antikorupsi,” pungkasnya. *(EDO)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.