Terjaring Razia di Batubara, 20 Kg Ganja Gagal Beredar di Rantauprapat

0
199
Polisi mengamankan tumpukan daun ganja yang ditemukan di bagas mobil Avanza. Rencananya, ganja tersebut akan dibawa ke Rantauprapat, Labuhanbatu. (Simantab.com/Ist)

SIMANTAB.COM –  Dua puluh kilogram daun ganja kering asal Medan gagal diedarkan ke Rantauprapat, Labuhanbatu. Penyebabnya, kenderaan yang dipakai kurir pembawa daun bersirip lima itu, terjaring razia yang digelar Satlantas Polres Batubara.

Terungkapnya upaya penyeludupan daun ganja kering yang dikemas dalam 20 bal plastik tersebut, bermula ketika Satlantas Polres Batubara menggelar razia kenderaan bermotor di kawasan Limau Manis, Kecamatan Limapuluh, Senin (29/08/2016) kemarin.  Ketika itu, polisi menghentikan Avanza BK 1505 LX yang melaju ke arah Kisaran, melakukan pemeriksaan kelengkapan dokumen, lantas menemukan narkoba tersebut di dalam kabin.

“Kita menggelar razia kenderaan di Jalinsum. Semua kenderaan yang melintas kita hentikan, dan periksa kelengkapan surat-suratnya,” kata AKP Nasib Manurung, Kasatlantas Polres Batubara yang memimpin langsung razia dimaksud.

Awalnya, sebut Nasib, pihaknya sama sekali tidak mencurigai jika setumpukan barang yang ditaruh  di kabin belakang mobil tersebut adalah narkoba. Ia mengaku, timnya awalnya sekadar ingin memastikan, dan meminta Riawan (26) pengemudi mobil tersebut untuk membuka pintu belakang mobil. “Sewaktu kita cek dengan detail, ternyata isinya daun ganja. Langsung kita amankan mereka ini semua,” kata Nasib Manurung.

Sedangkan Kasat Narkoba AKP Banjarnahor, dalam keterangannya kepada wartawan menjelaskan, Riawan tidak diamankan sendiri.  Ada empat pria lain di dalam mobil itu. Masing-masing: Asmono (18), Riski (19), Pianus Bukit (24), dan Simson Berutu (21).  “Mereka sedang kita periksa. Pengemudi mobil mengaku barang itu adalah kepunyaan Simon Berutu. Sedangkan Simon bilang, dia hanya dimintai mengantar ganja ini ke Rantauprapat oleh rekannya di Medan. Intinya: kita sedang lakukan pengembangan,” kata Banjarnahor mengakhiri keterangannya.(Wel)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.