Demo SUTET, B Girsang : Itu Bukan Warga Sekitar

0
207

SIMANTAB.COM, Siantar – Masyarakat Nagori Dolok Marlawan, Kecamatan Siantar tetap menolak pembangunan Tower SUTET (Saluran Udara Tegangan Tinggi) yang berada di lahan milik Pemkab Simalungun, tepatnya di Cadika, Kecamatan Siantar, tepat di sebelah kantor Camat Siantar.

Pada Kamis (24/11/2016) pagi, puluhan masyarakat melakukan unjuk rasa agar PLN tidak melakukan pemadaman listrik. Kendati demikian, B Girsang salah seorang warga mengaku bahwa masyarakat yang melakukan aksi demo itu, bukan masyarakat yang terkena dampak langsung atas pembangunan Tower SUTET.

“Saya tidak ada yang kenal dengan pendemo itu, Itu bukan warga sekitar. Kami masyarakat yang dilintasi SUTET tetap keberatan, karena sepengetahuan kami (Masyarakat, red) pembangunan SUTET itu tidak ada izin yang dipegang pihak rekanan untuk pembangunan itu. Bahkan, DPRD Simalungun sudah memanggil pengusaha tapi belum ada kejelasannya sampai sekarang.” Ujar mantan Kepala Kejaksaan ini.

Dikatakannya, pemerintah sendiri tidak ada kepedulian dengan masyarakat karena pembangunan itu tidak sesuai dengan SOP (Standard Operating Procedure). “Kata pihak PLN mereka sudah memegang Izin Gangguan (HO). Tetapi, kami tidak ada menandatangani pengurusan HO mereka. Kami cuma minta PLN melengkapi SOP mereka, karena kami jelas merasa sangat keberatan. Dan, DPRD Simalungun mengapa hanya bisa diam, bagaimana kelanjutan permasalahan ini,” jelasnya.

Masyarakat sendiri sudah menyampaikan surat keberatannya kepada Bupati Simalungun. Namun, sampai saat ini belum juga ada keputusan dari pemerintah daerah. “Kita masih menunggu sikap Pemda Simalungun. Memangnya, kami ini bukan masyarakat Simalungun? Pemkab itu adalah orang tua masyarakat, jadi apa yang menjadi tuntutan anaknya harus dipenuhi demi kepentingan kami,” tegas pria berusia 68 tahun ini. (Lud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.