Tolak Pembangunan Sutet, Warga : PLN Harus Transparan

0
222

SIMANTAB.COM, Siantar – Masyarakat Nagori Dolok Marlawan, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun, tetap menolak pembangunan Sutet (Saluran Udara Tegangan Tinggi) yang dibangun di lahan Pemkab Simalungun. Untuk menentukan apakah pihak PLN benar, maka warga meminta supaya pihak PLN agar transparan dalam berbagai hal dalam pembangunan tower itu.

R Girsang salah seorang warga Nagori Dolok Marlawan mengatakan, untuk membuktikan bahwa pihak PLN memiliki izin atau syarat lainnya, ia meminta supaya perusahaan milik negara itu membuktikan kepada masyarakat. “PLN harus transparan kepada masyarakat, apakah mereka benar memiliki izin dan analisis dampak lingkungan seperti yang masyarakat dengar bahwa mereka memiliki analisis dari WHO,” kata ayah satu anak ini.

Dikatakannya, warga akan terus melakukan penolakan terhadap pembangunan Sutet tersebut. “Kalau tidak salah, PLN telah melanggar RTRW Kabupaten Simalungun, kami juga yakin ini ada konspirasi pihak PLN dengan perusahaan (rekanan, red) agar mengkorupsi uang negara,” katanya.

Ditanya indikasi korupsi yang terjadi, ia menjelaskan pembangunan itu sudah mulai dilaksanakan pada tahun 2008 lalu, kemudian berhenti dan berlanjut tahun 2012 lalu. “Sekarang dimulai lagi, ada apa ini? Berartikan ada permasalahan yang rumit sehingga pembangunan terhenti, atau malah bagi-baginya yang kurang pas,” tuding Ketua LCKI itu saat bertemu Simantab.com di Kota Pematangsiantar, Jumat (25/11/2016) sore. (Lud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.