Trisno Munthe : Pemulung Emas Itu Ada, dan Layak Dapat Bantuan

0
139

SIMANTAB.COM, Pematangsiantar – Jaringan Pendamping Kebijakan dan Pembangunan, (JPKP) akan melakukan pendampingan guna kelancaran kegiatan usaha para pemulung emas dan berlian di kota Siantar.

Trisno Munthe salah satu pengurus JPKP, Rabu (28/9/2016), mengatakan bahwa kegiatan pembinaan yang  dilakukan bagi para pemulung emas dan berlian di kota Siantar tersebut, berupa bantuan kepada mereka untuk dapat lebih mudah menjalankan kegiatan usahanya.

“Bantuan yang dilakukan berupa pendampingan kepada mereka guna mendapatkan bantuan modal baik dari per Bankkan, maupun dari lintas sektoral pada pemerintahan kota Siantar,” ujar dirinya yang merupakan ketua pada lembaga yang telah memiliki MoU dengan sekertariat negara.

Diucapkan juga, untuk penjelasan bagaimana mekanisme dan teknis upaya sebagai langkah mendampingi mereka, akan dilakukan bimbingan lanjutan yang dilaksanakan pada sekertariat JPKB. Kegiatan itu nantinya juga akan membahas dalam memberikan bantuan, terdapat 2 opsi. ” Dengan sistem perseorangan, atau diakukan pendampingan secara kelompok.”

Untuk kegiatan hari ini, JPKB masih melakukan pensurveian lokasi mereka dan melihat secara langsung, bagaimana pengelolahan limba limbah pengrajin atau toko emas.

“Aktivitas para pemulung emas ini, sudah lama ada. Namun sayangnya sangat minim bantuan yang diberikan oleh pemerintah daerah, ataupun teknis yang mereka terima,” sebutnya.

Dilainnya, Ardian, salah seorang pemulung emas dan berlian mengungkap, mereka sangat membutuhkan bantuan, berupa modal, ataupun kegiatan.

“Kami sangat bersyukur dapat dibantu. Apalagi dilakukan oleh lembaga resmi yang telah memiliki MoU dengan sekertariat negara,” ujarnya. (Lay)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.