Ziarah, Bupati Simalungun JR Saragih Ajarkan Generasi Muda Hormati Orang Tua

0
277

SIMALUNGUN – Bupati Simalungun JR Saragih rutin melakukan ziarah, seperti hari ini dirinya berziarah ke makam Raja Tanah Jawa serta Raja Panei di Kabupaten Simalungun. Melalui ziarah ini, JR Saragih menekankan agar generasi muda selalu menghormati orangtua.

“Pasangap mau namatotasmu ase martuah ho janah dokah Manggopoh Bani Tanoh nabinerehon Naibata hubam yang artinya hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan Tuhan, Allahmu, kepadamu,” ucap Bupati Simalungun JR Saragih, Selasa (16/1/2018).

Diakuinya, dengan berziarah otomatis membawa bunga. Di mana, buatnya bunga diartikan sebagai tanda kasih sayang kepada orangtua.

“Kami selalu menghargai orangtua, para pendahulu kita. Oleh karenanya, kami meminta agar generasi muda selalu menghormati orangtua dalam keadaan apapun,” lanjutnya.

Pria berdarah Simalungun dan Karo ini menyadari bahwa di jaman modern ini generasi muda banyak yang tak menghormati orangtuanya.

“Generasi muda ada karena kehadiran orangtuanya, orangtua hadir karena ada kakek dan neneknya sehingga generasi muda harus menghargai orangtua jika ingin mendapatkan umur panjang,” tukasnya. (D7)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.