Dugaan Penggelapan Pajak Perumahan Mewah Meranti Land Dilaporkan Ke Ditjen Pajak

Simalungun, Persoalan yang terjadi dalam proses jual beli unit rumah di Perumahan Mewah Meranti Land dilaporkan ke Direktorat Jenderal Pajak, Kementerian Keuangan Republik Indonesia oleh Lilis Suharti Batubara, Senin 06 Juni 2022.

Pengaduan dugaan penggelapan pajak ini dilakukan dengan menyertakan salah satu Notaris di Kabupaten Simalungun sebagai terlapor. Dalam dugaan penggelapan pajak tersebut, Lilis mengungkap modus operandi dalam penggelapan pajak yang dilakukan.

Modusnya adalah terjadinya perbedaan harga sebagai dasar penetapan beban pajak dengan harga jual sebenarnya. Perbedaan harga jual yang terjadi ketika pembeli menandatangan akad kredit di Bank Rakyat Indonesia Cabang Sutomo Pematang Siantar, Sumatera Utara dengan harga jual yang dicatatkan ketika pengembang melaporkan setoran pajaknya. Dimana harga akad kredit didesain lebih tinggi daripada harga yang dilaporkan ke kantor pajak.

Perbedaan harga jual unit rumah sewaktu akad kredit di bank dengan harga ketika melaporkan penjualan unit ke kantor pajak ini membuat penerimaan negara mengalami penurunan.

Harga jual sewaktu menandatangani akad kredit lebih tinggi daripada harga ketika melaporkan penjualan ke Kantor Pajak. Selain itu, Pajak PBB yang dibebankan juga hanyalah pajak dengan harga tanah kosong dan tidak mengikutsertakan luasan bangunan sebagai dasar penetapan PBB yang harus dibayarkan.

Lilis Suharti Batubara ketika meminta perlindungan hukum ke Rumah Aspirasi Dr. Hinca IP Pandjaitan, SH, MH, ACCS anggota DPR RI yang bertugas di Komisi III didampingi oleh pengacaranya dari Kantor Pengacara Rekan Joeang yaitu Gusti ramadhani, SH dan rekan rekan.

Lilis yang saat ini sedang menjalani proses hukum karena dilaporkan oleh salah satu Notaris di Pematang Siantar diterima oleh Nelly Sumbayak, SE, Akt dan menyertakan dokumen dokumen yang menjadi penguat terjadinya usaha usaha penggelapan pajak.

Berdasarkan catatan simantab, Kantor Pengacara Rekan Joeang juga sudah melaporkan oknum Notaris dengan inisial RAS pada tanggal 19 Mei 2022 ke Dewan Kehormatan Notaris Siantar Simalungun dan Pengawas PPAT wilayah Siantar Simalungun.

Redaksi simantab menyatakan bahwa informasi ini masih dalam tahap verifikasi dan simantab sudah mengirimkan surat resmi ke Perumahan Meranti Land, Dinas Pengairan Pemkab Simalungun dan Kepala Bank Rakyat Indonesia Cabang Sutomo Pematang Siantar.