Revitalisasi Taman Ismail Marzuki

Simantab, Online – Program Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan untuk Revitalisasi Taman Ismail Marzuki perlahan sudah menunjukkan perubahan yang signifikan.

Salah satu wujud revitalisasi Taman Ismail Marzuki adalah revitalisasi Mesjid Amir Hamzah yang berada dikawasan Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat.  

Mesjid Amir Hamzah merupakan mesjid yang diresmikan pertama sekali oleh Ali Sadikin pada tanggal 7 Januari 1977. Mesjid ini diberi nama Amir Hamzah untuk penghormatan Sastrawan Indonesia yang sudah diangkat sebagai Pahlawan Nasional.

Peresmian penggunaan Mesjid Amir Hamzah TIM pasca revitalisasi dilakukan oleh Gubernur DKI Anies Baswedan pada tanggal 3 Juli 2020. Dalam sambutannya Anies, menyampaikan bahwa semua yang ditargetkan, amanat yang dititipkan bisa dijalankan dengan baik.

Revitalisasi Mesjid Amir Hamzah ini merupakan satu proyek bagian dari Revitalisasi Taman Ismail Marzuki,” kata Anies. Peresmian penggunaan Mesjid ini dihadiri juga oleh Jusuf Kalla sebagai Ketua Dewan Mesjid Indonesia. 

Mesjid ini adalah sarana beribadah bagi warga sekitar, pengunjung Taman Ismail Marzuki dan tentu saja penghuni tetap Taman Ismail Marzuki yaitu Mahasiswa Institut Kesenian Jakarta.

Mesjid Amir Hamzah TIM ini direvitalisasi dengan konsep minimalis futuristik, kata Reiza Pattern

Berikut ini adalah perbandingan antar sebelum dan sesudah revitalisasi

Mesjid Amir Hamzah Sebelum di Revitalisasi dan Setelah di Revitalisasi Sumber @Reiza_Patters

Itu adalah gambaran revitalisasi Taman Ismail Marzuki oleh salah satu anggota TGUPP Reiza Pattern, Bagaimana menurut anda?