Kantor Berita Simantab
Pusat informasi dan berita politik, ekonomi, hukum, budaya dari kabupaten karo, pakpak, dairi, toba, melayu, simalungun dan budaya jawa.

Longsor di Karo, Lima Warga Meninggal

Tim SAR mengevakuasi korban meninggal akibat bencana tanah longsor di Kecamatan Kabanjahe, Karo. (Foto: SAR Medan)

Medan – Tiga orang warga ditemukan dalam keadaan meninggal dunia akibat tanah longsor di Lau Bawang, Kelurahan Padang Mas, Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut), Kamis (26/8/2021) malam.

Selain 3 korban nyawa, 2 warga lainnya masih dalam pencarian petugas. Sedangkan 4 rumah milik warga hancur diterjang tanah longsor.

Humas Kantor SAR Medan Sariman Sitorus mengatakan, longsor terjadi sekitar pukul 21.00 WIB usai hujan deras melanda kawasan tersebut sejak pagi. Atas kejadian ini, 4 rumah warga hancur diterjang longsoran tanah.

“Malam tadi sekitar pukul 23.35 WIB, satu tim Rescue berjumlah 7 orang sudah kita berangkatkan ke lokasi longsor guna melaksanakan operasi pencarian korban,” kata Sariman, Jumat (27/8/2021).

Sariman mengatakan, dari data sementara tim di lapangan terdapat 9 korban longsor yaitu 4 korban selamat, 3 korban ditemukan meninggal dunia dan 2 orang lagi masih dalam pencarian tim.

“Hingga pagi ini operasi pencarian masih terus dilakukan tim dari Basarnas Medan, BPBD Tanah Karo, TNI, Polri, Damkar, pemerintah setempat dan potensi SAR lainnya,” terang Sariman.

Pencarian, tambahnya, dilakukan secara manual dan juga melibatkan 1 unit excavator untuk memindahkan timbunan longsoran tanah dan puing bangunan.

Identitas Korban Longsor di Karo

Bencana tanah longsor melanda kawasan pemukiman warga di Lau Bawang, Kelurahan Padang Mas, Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo, Kamis (26/8/2021) malam.

Dalam peristiwa itu, 3 warga dinyatakan meninggal akibat tertimbun material longsor 2 warga lainnya masih dalam pencarian, dan 4 warga berhasil diselamatkan petugas.

Sedangkan 4 unit rumah milik warga hancur diterjang longsor.

Dalam kejadian ini 5 korban meninggal dunia dan sudah berhasil dievakuasi

Berikut identitas korban meninggal yang didapat Simantab dari SAR Medan pada Jumat (27/8/2021).

1. Tia Monika Novi Sari Silitonga (28). Alamat Jalan Krakatau Ujung Medan, ditemukan Jumat (27/8/2021) pukul 05.00 WIB.

2. Kasih Karolina Br Tarigan (3). Alamat Kecamatan Kabanjahe, Karo. Ditemukan pukul 05.00 WIB.

3. Anjel Br Taringan (5). Alamat Kecamatan Kabanjahe, Karo. Ditemukan pukul 09.00 WIB.

Korban hilang dan masih dalam proses pencarian:

1. Bumi Riski Aditia (2). Alamat Kecamatan Kabanjahe, Karo.

2. Dewi Br Marpaung (48).

Korban selamat yakni:

1. Tutri Br Silitonga (26).

2. Aktavius Taringan (33).

3. Dedi Simbolon (30).

4. Rudi Silalahi (30).

Sempat Hilang, 2 Lagi Korban Longsor Karo Ditemukan Meninggal

Dua warga yang sempat hilang akibat bencana tanah longsor di Lau Bawang, Kelurahan Padang Mas, Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo, pada Kamis (26/8/2021) malam, ditemukan dalam kondisi meninggal dan telah dievakuasi oleh Tim SAR.

Kepala Seksi Operasi Kantor SAR Medan, Zul Indra mengatakan, 2 korban yang sempat hilang dan kemudian ditemukan dalam kondisi meninggal yakni Dewi Br Marpaung (48) ditemukan pukul 12.02 WIB, dan Bumi Riski Aditia (2) ditemukan pukul 12.35 WIB.

“Seluruh korban telah ditemukan,” kata Zul Indra, Jumat (27/8/2021).

Dia mengatakan, 3 korban meninggal yang terlebih dahulu berhasil dievakuasi masing-masing Tia Monika Novi Sari Silitoga (28), ditemukan pukul 05.00 WIB, Kasih Karolina Br Tarigan (3), ditemukan pukul 05.00 WIB, dan Anjel Br Taringan (5), ditemukan pukul 09.00 WIB.

Menurutnya, dalam kejadian itu juga mengakibatkan 4 unit rumah milik warga rusak karena tertimpa material longsor.

“Longsor terjadi pada Kamis (26/8/2021) sekitar pukul 21.00 WIB, usai hujan deras melanda kawasan tersebut sejak pagi. Dalam kejadian ini 5 korban meninggal dunia dan sudah berhasil dievakuasi,” terangnya. [Andi]

Top Radio Banner
Comments
Loading...

Situs ini menggunakan kuki untuk memberikan pengalaman terbaik bagi anda dalam menggunakan layanan kami. Kami memegang komitmen untuk melindungi privasi anda dan menjadikan keamanan data menjadi prioritas kami SetujuBaca Lagi