Kantor Berita Simantab
Pusat informasi dan berita politik, ekonomi, hukum, budaya dari kabupaten karo, pakpak, dairi, toba, melayu, simalungun dan budaya jawa.

Kahiyang Ayu Beberkan Strategi Pengembangan UMKM ke Ketua Dekranasda Pariaman

Ketua Dekranasda Kota Medan, Ny Kahiyang Ayu Bobby Nasution menyematkan ulos kepada Ketua Dekranasda Pariaman, Ny Lucyanel Genius Umar.

Medan – Ketua Dekranasda Kota Medan, Ny Kahiyang Ayu Bobby Nasution menerima kunjungan pengurus Dekranasda Kota Pariaman, Sumatera Barat di Aula Gedung Seba Guna Dharma Wanita, Jalan Rotan Medan, Kamis (17/6/2021).

Selain untuk bersilaturahmi, kedatangan rombongan yang dipimpin Ketua Dekranasda Kota Pariaman, Ny Lucyanel Genius Umar bertujuan untuk belajar dan berdiskusi terkait upaya peningkatan sektor UMKM.

Untuk UMKM, Ketua Dekranasda Kota Medan, Ny Kahiyang Ayu Bobby Nasution mengaku, pihaknya melakukan pendampingan dan pembinaan sehingga pelaku UMKM dapat meningkatkan kemampuan, keahlian dan pemahaman dalam mengelola, memproduksi dan memasarkan produk.

“Pendampingan dan pembinaan yang kami (Dekranasda) lakukan dari hulu hingga ke hilir terkait dengan pendataan, manajemen keuangan, mutu, produksi dan pemasaran agar dapat meningkatkan daya saing mereka. Hingga saat ini, pemasaran produk kerajinan Dekranasda dilakukan melalui pasar tradisional dan ekspor serta membangun kerja sama dengan e-commerce untuk pemasaran secara online,” terang Kahiyang Ayu.

 

BACA JUGA

Baca Juga:

Perampok Toko Mas Pajak Simpang Limun Medan, Di DOR

Prestasi Dirkrimum Poldasu Diapresiasi: Belum Pernah Gagal Mengungkap Kasus

 

Putri Presiden Jokowi ini juga mengungkapkan, pelaku UMKM juga dibantu untuk mempermudah mendapatkan izin usaha. Tujuannya, agar masyarakat merasa yakin untuk membeli hasil produk UMKM yang dipasarkan serta menjamin kualitas dan keamanannya.

Kahiyang Ayu menambahkan, dalam mendukung program Pemko Medan dibawah kepemimpinan Wali Kota Bobby Nasution, untuk mewujudkan satu kelurahan satu sentra kewirausahaan (Sakasanwira), pembinaan UMKM pun dilakukan di semua kelurahan untuk menggali potensi yang ada sehingga nantinya produk unggulan yang dihasilkan bisa menjadi ciri khas dan oleh-oleh Kota Medan.

“Semoga dengan ini juga hubungan antara Kota Medan dan Kota Pariaman semakin terjalin baik lewat kolaborasi yang dibangun,” kata Kahiyang Ayu didampingi Wakil Ketua I Dekranasda Kota Medan, Ny Shaula Arindianti Aulia Rachman.

Ketua Dekranasda Kota Pariaman, Ny Lucyanel Genius Umar mengaku kedatangannya bersama Wakil Ketua Ny Indriati Mardison Mahyuddin dan rombongan untuk mengetahui pola, cara dan strategi Dekranasda Kota Medan dalam meningkatkan dan mengembangkan UMKM, terlebih di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang masih melanda.

“Harapan kami juga sama, yakni peningkatan kualitas dan kapasita pelaku UMKM sehingga produk yang dihasilkan juga berkualitas dan nantinya dapat menambah pendapatan mereka,” tutur Ny Lucyanel. ()

Top Radio Banner
Comments
Loading...

Situs ini menggunakan kuki untuk memberikan pengalaman terbaik bagi anda dalam menggunakan layanan kami. Kami memegang komitmen untuk melindungi privasi anda dan menjadikan keamanan data menjadi prioritas kami SetujuBaca Lagi