Kantor Berita Simantab
Pusat informasi dan berita politik, ekonomi, hukum, budaya dari kabupaten karo, pakpak, dairi, toba, melayu, simalungun dan budaya jawa.

Wali Kota Bobby: Covid-19 Jangan Mengurangi Indeks Literasi

Wali Kota Medan Bobby Nasution, Ketua TP PKK Ny Kahiyang Ayu Bobby Nasution, Wakil Wali Kota Aulia Rachman bersama narasumber peningkatan indeks literasi.

Medan – Wali Kota Medan Bobby Nasution berharap meskipun ditengah pandemi Covid-19, tidak mengurangi masyarakat untuk meningkatkan indeks literasi.

Artinya, walaupun masyarakat tidak dapat mengunjungi secara langsung perpustakaan karena pembatasan pengunjung, masyarakat juga dapat menggunakan dan memanfaatkan digitalisasi untuk meningkatkan literasi sehingga minat baca juga akan meningkat.

“Banyak pilihan yang tersedia bagi masyarakat untuk meningkatkan minat baca dan mendapatkan informasi di tengah pandemi. Selain datang langsung ke perpustakaan Kota Medan, masyarakat juga dapat memanfaatkan digitalisasi dengan langsung mengakses E-Book yang dikelola Pemko Medan dan aplikasi IPUSNAS yang dikelola langsung oleh perpustakaan nasional,” kata Bobby Nasution, Kamis (24/6/2021).

Menurut orang nomor satu di jajaran Pemko Medan ini, pihaknya saat ini bersama DPRD Medan tengah membuat rancangan peraturan daerah (ranperda) tentang penyelenggaraan perpustakaan yang bertujuan salah satunya untuk meningkatkan minat baca masyarakat kota Medan.

Selain melakukan penyuluhan minat baca kepada masyarakat, Pemko Medan juga mengikuti perkembangan dengan memanfaatkan digitalisasi.

 

Baca Juga:

Perampok Toko Mas Pajak Simpang Limun Medan, Di DOR

Prestasi Dirkrimum Poldasu Diapresiasi: Belum Pernah Gagal Mengungkap Kasus

BACA JUGA

 

“Untuk menumbuhkan minat baca, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Medan Medan mengikuti perkembangan teknologi dan informasi dengan menghadirkan aplikasi E-Book melalui aplikasi E-Pusda Kota Medan. Namun demikian, di era digital penyuluhan minat baca kepada masyarakat tetap dilakukan dan mengingatkan pentingnya membaca buku cetak, karena mempunyai informasi yang lebih akurat dan dapat dipertanggungjawabkan,” jelas Bobby.

Pada kesempatan itu, Ketua TP PKK Kota Medan, Ny Kahiyang Ayu Bobby Nasution dikukuhkan sebagai Bunda Literasi Kota Medan periode 2021-2026.

Sebelumnya, Kepala Perpustakaan Nasional RI Muhammad Syarif Bando mengungkapkan, dalam meningkatkan indeks literasi perpustakaan nasional RI membangun sinergitas dengan seluruh elemen bangsa terutama para civitas akademi perguruan tinggi se Indonesia, tidak lain adalah bagaimana menjabarkan visi Presiden Joko Widodo tentang upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) menuju Indonesia maju.

Acara peningkatan indeks literasi ini diisi dengan talk show dengan tema penguatan peran sisi hulu dalam rangka peningkatan indeks literasi masyarakat. Dalam talk show ini, Wakil Wali Kota Aulia Rachman menjadi narasumber. Selain itu anggota DPR RI Sofyan Tan, Rektor UINSU dan Kepala Perpustakaan Sumut juga menjadi narasumber. ()

Top Radio Banner
Comments
Loading...

Situs ini menggunakan kuki untuk memberikan pengalaman terbaik bagi anda dalam menggunakan layanan kami. Kami memegang komitmen untuk melindungi privasi anda dan menjadikan keamanan data menjadi prioritas kami SetujuBaca Lagi