Kantor Berita Simantab
Pusat informasi dan berita politik, ekonomi, hukum, budaya dari kabupaten karo, pakpak, dairi, toba, melayu, simalungun dan budaya jawa.

Ini Cara Warga Siantar Membantu Pasien Isoman

Tim Siantar Peduli Isoman Hexa Hutapea menyerahkan air kelapa muda kepada pegawai rumah singgah yang menjadi tempat isoman warga Pematangsiantar. (Foto: Ist)

Siantar – Komunitas Siantar Peduli Isoman membantu warga yang terdampak Covid-19. Bantuan diharapkan dari para donatur, selanjutnya akan didistribusikan ke para warga yang sedang melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah.

Adapun bantuan yang ditampung dan selanjutnya didistribusikan, yakni makanan, vitamin,  obat-obatan, dan alat protokol kesehatan. 

Gerakan diinisiasi Hexa Hutapea, Tigor Munthe,  Roselina Sitepu dan Johan Lumbangaol. Mereka bergerak bersama mahasiswa dari Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Pematangsiantar.

“Kami ingin membantu, karena kita tahu sendiri bahwa pasien yang sedang isoman tidak bisa keluar maupun beraktivitas sembarangan, bahkan untuk memenuhi makanannya juga kesulitan. Mereka tidak bisa membeli,” terang Hexa, sekaligus koordinator relawan yang akan mendistribusikan bantuan ke warga isoman.

Hexa berharap kepedulian masyarakat luas untuk memberikan donasinya. “Kami semacam penyalur bantuan kepada mereka yang sedang isoman,” kata pria yang juga Ketua GMNI Pematangsiantar tersebut, Kamis, 29 Juli 2021.

Kami bisa menampung dalam bentuk uang tunai tetapi kami akan melaporkan kepada yang bersangkutan

Ia menerangkan, bantuan yang mereka kumpulkan nantinya tidak berbentuk uang, melainkan barang seperti telur, beras, buah, vitamin maupun obat-obatan dan lainnya. “Pada prinsipnya untuk sejauh ini kami tidak mengumpulkan uang,” ujarnya. 

Hexa sendiri tidak memungkiri adanya orang yang mau mendonasikan bantuan berbentuk uang. Jika itu terjadi, maka komunitas ini berkoordinasi dengan pemberi donasi, uang tersebut dapat dipergunakan membeli keperluan pasien yang menjalani isoman. 

“Kalau ada yang mau membantu tapi tidak bisa dalam bentuk barang atau bahan, maka kami bisa menampung dalam bentuk uang tunai tetapi kami akan melaporkan kepada yang bersangkutan secara terperinci kemana saja dipakai. Kami juga akan publish di media sosial sehingga semua transparan,” terangnya. 

Sementara bahan makanan yang terkumpul dari masyarakat akan diolah hingga bisa dikonsumsi warga isoman. Diolah di centre komunitas ini, Jalan Sang Nawaluh Nomor 93, Kelurahan Siopat Suhu, Kecamatan Siantar Timur. 

“Kami sangat berharap peran serta masyarakat luas,” ujarnya.[]

Top Radio Banner
Comments
Loading...

Situs ini menggunakan kuki untuk memberikan pengalaman terbaik bagi anda dalam menggunakan layanan kami. Kami memegang komitmen untuk melindungi privasi anda dan menjadikan keamanan data menjadi prioritas kami SetujuBaca Lagi