Tegas! Satpol PP Perintahkan Setop Acara Imlek Fair Siantar

Simantab – Satuan Polisi Pamong Praja atau Satpol PP Kota Siantar ultimatum panitia untuk menghentikan kegiatan Imlek Fair di Jalan Perintis Kemerdekaan. Perintah itu juga diikuti instruksi pembongkaran stand bazar di lokasi acara.

“(Pembongkaran) wajib mereka (panitia) lakukan hari ini,” kata Kepala Satpol PP Kota Siantar, Robert Samosir dihubungi wartawan, Sabtu (7/1/2023).

Robert berujar, perintah pemberhentian mengacu  hasil musyawarah di Kantor Kelurahan Proklamasi yang dihadiri sejumlah pemangku kepentingan.

“(Imlek Fair agar dihentikan) itu hasil rapat tadi di kantor kelurahan,” terangnya.

Sebelumnya dalam surat yang beredar, Robert membenarkan pihaknya mengeluarkan surat pemberhentian sekaligus membongkar pameran bazar di atas jalur pejalan kaki yang berlangsung di Jalan Perintis Kemerdekaan.

“Iya benar. itu surat yang kami keluarkan,” katanya.

Surat itu ditandatangani Robert Samosir sebagai Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Siantar, yang ditujukan kepada Ketua Panitia Imlek Fair bernama Susanto/Ahuat, 7 Januari 2023.

Dalam surat ditulis bahwa legalitas kegiatan Imlek Fair yang dibalut dengan pameran bazar di atas trotoar dan badan Jalan Perintis Kemerdekaan melanggar Peraturan Daerah No 9 Tahun 1992 tentang wajib bersih lingkungan, keindahan dan ketertiban umum Kota Pematangsiantar.

“Pasal 7 ayat 21 (berbunyi) setiap orang atau badan hukum dilarang berjualan, menyimpan dan meletakkan barang-barang jualan atau barang-barang lain sepanjang jalan umum, kaki lima atau tanah lapang umum”, demikian isi surat tersebut.

Lewat surat turut diperintahkan agar panitia mengentikan kegiatan dan segera membongkar stand bazar yang masih berdiri di trotoar maupun badan jalan di Jalan Perintis Kemerdekaan.

Satpol PP berserta Tim Terpadu Penegak Peraturan Daerah akan membongkar stand bazar apabila panitia tidak mengindahkan instruksi yang telah dikeluarkan.

Sekedar diketahui, Imlek Fair Siantar 2023 yang terletak di sekitar Lapangan Haji Adam Malik direncanakan berlangsung selama kurang dari dua pekan yakni, 7-18 Januari 2023.

Pantauan di lokasi sebahagian pedagang sudah mulai berjualan pada malam hari ini di sana. Sedikitnya ada puluhan unit stand bazar yang didirikan panitia.

Tinggalkan Balasan