Kantor Berita Simantab
Pusat informasi dan berita politik, ekonomi, hukum, budaya dari kabupaten karo, pakpak, dairi, toba, melayu, simalungun dan budaya jawa.

Aksi Pecat PDIP, 6 Anggota DPRD Samosir Terancam PAW

Samosir – Buntut kekalahan pasangan calon (paslon) Rapidin Simbolon-Juang Sinaga di Pilkada Samosir tahun 2020, PDIP melakukan aksi pemecatan terhadap sejumlah kader yang duduk di DPRD Samosir. Mereka pun terancam pergantian antar waktu (PAW).

Partai yang diketuai Megawati Soekarnoputri itu teranyar memecat empat kadernya di DPRD Samosir hasil Pileg 2019 lalu. Salah satunya adalah Saut Martua Tamba, yang merupakan Ketua DPRD Samosir.

Selain Saut, ada Renaldi Naibaho, Paham Gultom, dan Harry Jono Situmorang. Satu kader yang bukan anggota DPRD juga dipecat, yakni atas nama Basaruddin Situmorang, merupakan pengurus DPC.

Wakil Ketua DPD PDIP Sumatra Utara Sarma Hutajulu dihubungi Rabu (28/4/2021) malam, membenarkan pemecatan kader PDIP Samosir.

“Kami menerima tembusan dari DPP soal pemecatan. Dan suratnya sudah disampaikan ke masing-masing pihak,” kata dia.

Sarma mengatakan, karena sudah dipecat sebagai kader maka berimplikasi kepada posisi masing-masing empat nama di DPRD Samosir.

“Tentu ada implikasinya, karena bukan lagi sebagai kader tentu posisinya di DPRD dilakukan pergantian. Untuk soal proses pergantian tentu menjadi ranah Ketua DPC PDIP Samosir,” kata eks anggota DPRD Sumatra Utara itu.

Aksi pecat tersebut sebelumnya juga sudah dilakukan PDIP terhadap dua kadernya di DPRD, yakni Rismawati Simarmata dan Panggabean, yang juga Wakil Sekretaris DPC PDIP Samosir.

Pemecatan Romauli tertuang dalam surat DPP PDIP dengan nomor. 90 /KPTS/DPP/III/2021 tentang Pemecatan Romauli Panggabean dari Keanggotaan PDIP tertanggal 15 Maret 2021, yang ditandatangani Ketua Umum Megawati Soekarnoputri dan Sekretaris Jenderal Hasto Kristiyanto. 

Rismawati yang adalah Ketua DPRD Samosir 2014-2019 melakukan perlawanan atas pemecatan dirinya tersebut. Dia menggugat pemecatan ke pengadilan.

BACA JUGA

Informasi diperoleh, alasan pemecatan para kader tersebut karena dinilai tidak bekerja maksimal untuk memenangkan paslon Rapidin Simbolon-Juang Sinaga sebagai usungan PDIP di Pilkada Samosir tahun 2020.

Sebagaimana diketahui, Pilkada Samosir dimenangkan paslon Vandiko Gultom-Martua Sitanggang, yang baru saja dilantik oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi di Medan pada 26 April 2021 lalu.  

Terkait pemecatan terhadap para kader PDIP Samosir tersebut, belum diperoleh konfirmasi. 

Selengkapnya anggota DPRD Samosir yang dipecat sebagai kader PDIP:

  1. Saut Martua Tamba (Ketua DPRD Samosir) dari Dapil Samosir 4 pada Pileg 2019.
  2. Rismawati Simarmata dari Dapil Samosir 2
  3. Romauli Panggabean dari Dapil Samosir 4
  4. Renaldi Naibaho dari Dapil Samosir 1
  5. Hary Jono Situmorang dari Dapil Samosir 3
  6. Paham Gultom dari Dapil Samosir 2
  7. Basaruddin Situmorang (pengurus DPC PDIP Samosir)

Dalam Pileg 2019, ada empat daerah pemilihan atau dapil di Kabupaten Samosir. Dapil 1 meliputi Kecamatan Pangururan dan Ronggur Nihuta dengan alokasi 8 kursi. 

Dapil 2 meliputi Kecamatan Simanindo dan Onan Runggu dengan alokasi 6 kursi, Dapil 3 meliputi Kecamatan Palipi dan Nainggolan dengan alokasi 6 kursi. 

Dapil 4 meliputi Kecamatan Sianjur Mula-mula, Harian dan Sitio-tio dengan alokasi 5 kursi.()

Top Radio Banner
Comments
Loading...

Situs ini menggunakan kuki untuk memberikan pengalaman terbaik bagi anda dalam menggunakan layanan kami. Kami memegang komitmen untuk melindungi privasi anda dan menjadikan keamanan data menjadi prioritas kami SetujuBaca Lagi