Kantor Berita Simantab
Pusat informasi dan berita politik, ekonomi, hukum, budaya dari kabupaten karo, pakpak, dairi, toba, melayu, simalungun dan budaya jawa.

Banyak Tokoh di Indonesia Bermarga Panjaitan

Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: tangkapan layar IG)

Siantar – Belakangan ini marga Panjaitan (Pandjaitan) menjadi sorotan setelah adanya ucapan terkesan nyeleneh dari Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono menyebut Menteri Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Luhut Penjahit.

Budhi menyampaikan perkembangan penanganan pandemi Covid-19 di wilayahnya kepada sejumlah wartawan. Potongan video berdurasi 1 menit 26 detik berisi ucapannya itu pun viral di media sosial.

“Alhamdulillah Banjarnegara (awalnya) BOR-nya 99 persen, terus turunlah PPKM darurat. Saya baca aturannya sesuai perintah Pak Presiden yang langsung ditindaklanjuti Menteri Dalam Negeri dan dilaksanakan pada waktu rapat bersama menteri siapa itu, penjahit atau apa lah, (yang) orang Batak itu,” kata dia.

Kemudian orang yang berada di sekelilingnya terdengar mencoba meluruskan dengan mengatakan, Luhut Binsar Pandjaitan. “Ya Pak Penjahit kan,” sambungnya.

Budhi melanjutkan, bahwa pihaknya telah menyalurkan bantuan jaring pengaman sosial (JPS) sebagai kompensasi atas PPKM.

Baca Juga:

Kegiatan Pramuka Susur Sungai Ciamis Memakan Korban

Kepala BPBD Ciamis: Sebelas Siswa Meninggal Dunia

Korban TWK KPK RI Dirikan Partai Politik

Rasamala aritonang: Namanya Partai Serikat Pembebasan

Polisi “SmackDown” Demonstran

Kapolres Tangerang: Masih Bisa Jalan

“Pada waktu PPKM darurat Banjarnegara zona merah. Tapi setelah ada instruksi Mendagri dan dijabarkan Pak Menteri Penjahit itu, Luhut Penjahit itu saya laksanakan instruksinya,” ujarnya.

Setelah video tersebut ramai, melalui video yang diunggah di akun Instagram resmi Pemkab Banjarnegara, Senin (23/8/2011) siang, Budhi meminta maaf kepada Luhut.

Diketahui Panjaitan adalah salah satu marga yang berasal dari suku Batak, yang bermukim di Kawasan Danau Toba.

Panjaitan adalah marga yang dipakai keturunan Raja Panjaitan di Balige, Kabupaten Toba. Keturunannya telah menyebar ke berbagai daerah di Sumatra Utara, bahkan Tanah Air dan dunia.

Panjaitan merupakan anak sulung dari Tuan Dibangarna. Tuan Dibangarna memiliki empat anak, yakni Raja Panjaitan, Raja Silitonga, Raja Siagian, Raja Sianipar.

Raja Hasoge Timbul Panjaitan, tokoh marga Panjaitan di Kota Pematangsiantar mengatakan, Pandjaitan adalah nama anaknya Si Tuan Dibangarna.

Si Pandjaitan membuat nama anaknya Situngo Naiborngin Pandjaitan. Selanjutnya Situngo Naiborngin membuat nama anaknya, Martibi Radja Pandjaitan.

Kebetulan anak Situngo Naiborngin ada empat orang, yaitu Martibi Radja Pandjaitan, Radja Dogor Pandjaitan, Radja Siponot Pandjaitan, dan Radja Sidjanggut Pandjaitan.

“Sejak ini sehingga jadilah Pandjaitan menjadi marga bagi generasinya,” kata dia, Selasa (24/8/2021).

Cukup banyak tokoh di Tanah Air berasal dari marga ini, selain Luhut Binsar Pandjaitan, ada juga Hinca IP Pandjaitan yang merupakan anggota Komisi Hukum DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat.

Nama Mayor Jenderal TNI Anumerta Donald Isaac Panjaitan adalah salah satu pahlawan revolusi Indonesia, dan Letnan Jenderal TNI Sintong Hamonangan Panjaitan dikenal pernah jadi penasihat militer Presiden BJ Habibie, dan Danjen Kopassus.[]

Top Radio Banner
Comments
Loading...

Situs ini menggunakan kuki untuk memberikan pengalaman terbaik bagi anda dalam menggunakan layanan kami. Kami memegang komitmen untuk melindungi privasi anda dan menjadikan keamanan data menjadi prioritas kami SetujuBaca Lagi