Take a fresh look at your lifestyle.

Bertarung Rebut Wawalkot Siantar, Rospita Sitorus: Ini Bukan Soal Gender

43

Siantar – Bendahara DPC PDIP Simalungun Ir Rospita Sitorus ikut meramaikan bursa calon Wakil Wali Kota Pematangsiantar 2021-2024.

Eks Wakil Ketua DPRD Simalungun itu mendaftar ke DPC PDIP Pematangsiantar pada Senin (5/4/2021) sore. Dia diterima pengurus partai yang bermarkas di Jalan Ricardo Siahaan, Pematangsiantar tersebut. 

Aksi politik calon Wakil Bupati Simalungun 2020-2024 itu pun menuai tanggapan sejumlah warga. Beberapa mengungkap sikap pesimistis, karena Rospita seorang perempuan. Sementara yang akan menjadi wali kota juga perempuan, yakni Susanti Dewayani.

Merespons itu, Rospita kepada Simantab.com lewat sambungan telepon seluler mengungkap, ada beberapa daerah yang bupati dan wakilnya sama-sama perempuan.

Dia menyebut, ini bukan soal soal gender atau soal perempuan dengan perempuan. Rospita yang juga mantan dosen itu menyebut dia sudah melewati pemikiran-pemikiran model seperti itu.

“Kalau kita merasa mampu, kenapa tidak. Bukan karena wali kota perempuan, lalu tidak pantas seorang perempuan lagi mencoba untuk mencalonkan wakil wali kota. Aku tidak berpikir seperti itu. Kita merasa mampu sebagai kader partai, kita punya kesempatan dan ketepatan aku melihat itu peluang, kenapa tidak,” ungkapnya.

Ibu tiga anak itu kemudian menyebut, kenapa bupati dan wakil bupati sama-sama laki-laki misalnya tidak dipertanyakan atau diperbincangkan di masyarakat. 

“Tapi begitu tiba ada wali kota perempuan dan ada perempuan yang mencalon wakil dari kalangan perempuan, kenapa justru dipertanyakan,” katanya.

Kemudian kata dia, dirinya sebagai kader partai di PDIP tidak dibatasi wilayah sehingga bisa ke daerah lain untuk berkiprah.

Rospita menegaskan, dirinya pun siap untuk menerima rekomendasi dari DPP PDIP atau juga tidak direkomendasi sama sekali sebagai calon wakil wali kota di Pematangsiantar.

Baca jugaIkut Bertarung Jadi Wawalkot Siantar, Rospita Sitorus Ungkap Alasannya

Diketahui, saat ini dr Susanti Dewayani merupakan Wakil Wali Kota Pematangsiantar terpilih hasil Pilkada 2020 tinggal menunggu pelantikan. Dipastikan perempuan yang juga seorang dokter anak itu akan menjadi Wali Kota Pematangsiantar sepeninggal Asner Silalahi.

Kursi wakil yang ditinggalkan Susanti akan kosong. Sejumlah figur mencoba bertarung untuk merebut itu, di mana pemilihan digelar di DPRD Pematangsiantar. Sebelum berlaga di dewan, parpol melakukan penjaringan dengan membuka pendaftaran. 

Sejumlah nama muncul setelah mendaftar ke sejumlah parpol, semisal Sondi Silalahi yang dikenal putra almarhum Asner Silalahi, kemudian ada Mangatas Silalahi yang dikenal sebagai Wakil Ketua DPRD Pematangsiantar.

Muncul juga nama Astronout Nainggolan dari PDIP yang juga anggota DPRD Pematangsiantar, pejabat pemerintahan Binsar Situmorang, dan sejumlah nama lainnya. 

Bupati/Wakil Perempuan

Dalam Pilkada 2020 lalu, ada pasangan bupati dan wakil bupati dari kalangan perempuan dan menang.

Ratna Machmud dan Suwarti sebagai pasangan Bupati dan Wakil Bupati Musi Rawas di Sumatra Selatan.

Pasangan perempuan ini dilantik di Palembang pada Jumat (26/2/2021) oleh Gubernur Sumsel Herman Deru. Ratna dan Suwarti menjabat periode 2021 – 2024.

Pasangan ini dalam Pilkada 2020 diusung Partai Golkar, PAN, dan Gerindra. Mereka memenangi Pilkada 2020 dengan raihan 112.843 suara atau 51,8 persen. Mengalahkan petahana Hendra Gunawan-Mulyana yang meraih 104.620 suara.()

Top Radio Banner
Comments
Loading...

Situs ini menggunakan kuki untuk memberikan pengalaman terbaik bagi anda dalam menggunakan layanan kami. Kami memegang komitmen untuk melindungi privasi anda dan menjadikan keamanan data menjadi prioritas kami Setuju Baca Lagi