Iklan JR Saragih

Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga Pimpin Apel Operasi Lilin Toba 2022

Menyambut hari besar Natal dan Tahun Baru 2023, Pemerintah Kabupaten Simalungun Menggelar Operasi Lilin Toba. Apel dan Gelar Pasukan Dipimpin oleh Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga di Lapangan Koramil 08 Jalan Asahan, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun

 

Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga pimpin langsung Apel gelar pasukan OPS “Lilin Toba”-2022 Polres Simalungun, yang Aman, selamat, tertib, lancar dan sehat, yang berlangsung di Lapangan, Koramil 08 Model, Jln Asahan, Kecamatan Siantar, Simalungun, Sumut, Kamis (22/12/2022). Kapolri Jenderal Sulistyo Sigit Prabowo dalam amanat tertulisnya yang di bacakan oleh Bupati Simalungun mengatakan, Apel Gelar Pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarana prasarana yang diharapkan pengamanan dapat terselenggara secara optimal dan sinergi, sehingga perayaan Natal 2022 serta Tahun Baru 2023 (Nataru) mampu berjalan dengan kondusif.
Momentum Natal dan Tahun Baru selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia di setiap penghujung tahun dengan melaksanakan berbagai kegiatan, sehingga tentunya berimplikasi terhadap meningkatnya mobilitas masyarakat. Sebagaimana hasil survei dari Kemenhub, bahwa diperkirakan akan ada 44,17 juta orang melakukan pergerakan pada Nataru tahun ini.
Oleh sebab itu, Polri dengan dukungan TNI, K/L, Pemerintah Daerah, Mitra Kamtibmas serta stakeholder terkait menggelar Operasi Kepolisian Terpusat dengan sandi Operasi Lilin 2022 selama 11 hari, mulai 23 Desember 2022 s.d. 2 Januari 2023, serta dilanjutkan dengan KRYD mulai 3 Januari s.d. 9 Januari 2023.
Operasi Lilin 2022 melibatkan 166.322 personel gabungan yang ditempatkan pada 1.845 pos pengamanan, 695 pos pelayanan dan 89 pos terpadu, guna mengamankan 52.636 objek pengamanan.
Hal tersebut dipersiapkan dalam rangka mengamankan kegiatan Nataru agar masyarakat merasa nyaman dan aman, sebagaimana perintah dari Presiden Joko Widodo, meminta persiapan seluruh sektor dan stakeholder dalam mengantisipasi gangguan dan masalah saat natal dan tahun baru ini betul-betul disiapkan, agar masyarakat merasa nyaman dan juga aman. Usai melakukan apel, Bupati Simalungun dihadapan wartawan dari berbagai media mengatakan seluruh stakeholder telah melakukan persiapan, dengan harapan Nataru berjalan dengan baik. Demikian juga dengan pengamanan disetiap sektor sudah dipersiapkan.
“Pengamanan ini berlaku mulai nanti malam. Saya menghimbau kepada saudara – saudara kami yang datang ke Simalungun tetap dengan tertib terutama dalam berlalulintas tidak perlu saling mendahului, tetap mengikuti peraturan lalulintas,” (Radiapoh Hasiholan Sinaga, Bupati Simalungun)
Disamping itu, Bupati Simalungun juga menghimbau kepada masyarakat, jika tidak ada keperluan jangan mengunjungi keramaian, untuk menghindari kemacetan terutama.
“Saya juga meminta kepada masyarakat yang mudik agar mempersiapkan dan memeriksa kendaraan nya dengan prima. Agar tidak terjadi kendala di perjalanan,” himbaunya.
Dalam kesempatan itu Kapolres Simalungun AKBP Ronald FC Sipayung menyampaikan, apel gelar pasukan ini untuk mengamankan masyarakat, baik yang beribadah, berlibur maupun yang melintas.
“Kita akat melibatkan lebih kurang 1000 personil gabungan untuk melakukan pengamanan di 17 pos pengamanan dan pos pelayanan yang tersebar diwilayah Kabupaten Simalungun yang diprediksi akan banyak orang yang masuk, melintas dan berwisata,” (AKBP Ronald FC Sipayung – Kapolres Simalungun)
Sementara itu, Dandim 0207/Sml Letkol Inf Hadrianus Yossy menyampaikan kesiapannya pihaknya untuk membantu pos-pos yang telah terbentang pad titik yang telah ditentukan, dengan harapan dalam menghadapi Nataru di Simalungun berjalan aman, tertib dan lancar.
“Kami juga menghimbau kepada masyarakat agar masing-masing bisa menahan diri dan melihat situasi dan kondisi yang ada, bila tidak memungkinkan untuk keluar rumah lebih baik menghabiskan masa libur di rumah masing-masing,” (Letkol. Inf. Hadrianus Yossy – Dandim 0207 Simalungun).
Silverius Bangun
Author: Silverius Bangun

Penulis magang dengan pengalaman paripurna. Mulai dari mbecak hingga mbakwan dilakoni dengan riang gembira. Jika anda menginginkan inspirator untuk kehidupan yang penuh lika liku maka anda berada pada penyedia konten yang tepat

Iklan RS Efarina

Tinggalkan Balasan