Dikalahkan Malaysia, Indonesia Tumbang di Piala Sudirman

Simantab, Online – Parhelatan Turnamen Bulutangkis Piala Sudirman tahun 2021 sudah memasuki babak Semi Final. Dan tim Indonesia harus pulang terlebih dahulu setelah tim Indonesia dikalahkan oleh Malaysia dengan skor 2 – 3 di babak Perempat Final.

Babak perempat final yang berlangsung pada hari Jumat, 1 Oktober 2021 dimulai dengan pertandingan ganda putra. Pertandingan Pertama Indonesia menurunkan pasangan ganda putra nomor satu dunia IBF Kevin Sanjaya/Marcus Gidion berhadapan dengan Aaron Chia/Soh Wooi Yik.

Dalam pertandingan tersebut, pasangan ganda malaysia berhasil mengulang suksesnya seperti dalam Olimpiade Tokyo 2020 dimana Aaron Chia/Soh Wooi Yik juga mengalahkan Kevin Sanjaya/Marcus Gidion di perempat final. Pasangan ganda putra Indonesia kalah dua set langung 12-21, 15-21.

Piala Sudirman merupakan kalender resmi dalam International Badminton Federation (IBF). Untuk tahun 2021 diselenggarakan di Energia Arena, Vanta, Finlandia. Dalam Piala Sudirman setiap negara mempertandingkan 5 tim  yang terdiri dari 1 tim ganda putra, 1 tim ganda putri, 1 tim ganda campuran, 1 tunggal putra dan 1 tunggal putri.

Menghadapi Malaysia, Indonesia menurunkan Anthoni Sinisuka Gintings untuk tunggal putra, Gregoria Mariska T untuk tunggal putri, Greysia Polii/Apriyani Rahayu untuk ganda putri, Kevin Sanjaya/Marcus Gidion untuk ganda putra dan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti untuk ganda campuran.

Adapun hasil lengkap pertandingan antara Indonesia dan Malaysia dalam Piala Sudirman 2021 adalah sebagai berikut:

  1. Ganda Putra (Kalah): Kevin Sanjaya/Marcus Gidion vs Aaron Chia/Soh Wooi Yik 
  2. Tunggal Putri (Menang) : Gregoria Mariska Tunjung vs Kisona Selvaduray
  3. Tunggal Putra (Kalah) : Antoni Sinisuka Ginting vs Lee Zii Jia
  4. Ganda Putri (Menang) :  Greysia Polii / Apriyani Rahayu vs Pearly Tan / Thinaah Muralitharan.
  5. Ganda Campuran (Kalah) : Praveen Jordan / Melati Daeva Oktavianti vs Hoo Pang Ron / Cheah Yee See

Indonesia dikalahkan oleh Malaysia pada babak perempat final maka empat negara yang maju ke babak semi final Piala Sudirman adalah China, Jepang, Malaysia dan Korea Selatan.