Kantor Berita Simantab
Pusat informasi dan berita politik, ekonomi, hukum, budaya dari kabupaten karo, pakpak, dairi, toba, melayu, simalungun dan budaya jawa.

PPDB Online di Sumut Kacau, Orang Tua Minta Diulang

Orang tua murid mendatangi Dinas Pendidikan Sumut terkait kacaunya pelaksanaan PPDB online.

Medan – Tak puas dengan hasil pengumuman Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online karena pelaksanaan yang kacau, ratusan orang tua peserta didik mendatangi Dinas Pendidikan Sumatera Utara (Sumut), Jumat (18/6/2021).

Kedatangan orang tua siswa ini untuk meminta Dinas Pendidikan mengulang kembali pelaksanaan PPDB online.

Orang tua terlihat ramai di Aula Amir Hamzah yang merupakan posko pengaduan PPDP Sumut yang disediakan oleh panitia. Bergantian orang tua mengungkapkan keluhannya kepada panitia PPDB.

Fransiskus Lumbansiantar, orang tua siswa, dia mengatakan anaknya yang mempunyai nilai tinggi malah dinyatakan tidak lulus. Sedangkan temannya, yang mempunyai nilai lebih rendah dinyatakan lulus.

Dia juga mengaku sudah mendatangi pihak sekolah terkait data anaknya yang disebut tidak terdata di sekolah. Padahal menurutnya, bukti registrasi sudah keluar saat pendaftaran.

Baca Juga:

Kegiatan Pramuka Susur Sungai Ciamis Memakan Korban

Kepala BPBD Ciamis: Sebelas Siswa Meninggal Dunia

Korban TWK KPK RI Dirikan Partai Politik

Rasamala aritonang: Namanya Partai Serikat Pembebasan

Polisi “SmackDown” Demonstran

Kapolres Tangerang: Masih Bisa Jalan

“Bahkan mereka mengatakan data atas nama anak saya tidak ada di sekolah. Itu yang saya pertanyakan mengapa keluar bukti tanda registrasi anak saya, tetapi di data tidak ada,” kesalnya.

 

BACA JUGA

 

Orang tua lainnya, Endriko Sihombing, mengeluhkan peserta sebelumnya sudah dinyatakan lulus, namun selang satu jam kemudian dinyatakan tidak lulus.

Menurutnya, dia bersama orang tua lainnya sudah sempat bertemu dengan Kepala Dinas Pendidikan Sumut Syaifuddin terkait keluhan kacaunya pelaksanaan PPDB. Dalam pertemuan itu, aku dia, Kadis Pendidikan Syaifuddin berjanji akan menindaklanjuti semua keluhan orang tua.

“Tanggapan beliau akan diproses, ternyata sampai sekarang belum ada,” keluhnya.

Atas dasar itu, Endriko bersama orang tua lainnya meminta agar proses jalur afirmasi, prestasi dan perpindahan orang tua itu diulang. Sebabnya, mereka menilai PPDB yang sudah berjalan itu kacau.

“Kita sepakat minta diulang. Kiranya agar proses PPDB dilakukan secara manual saja, dan tidak lagi online,” tuturnya.

Ketua PPDB Sumut, Mohammad Ikhsan mengatakan masih akan melakukan koordinasi dengan Kadis Pendidikan terkait keluhan dan tuntutan orang tua siswa. “Keputusannya nanti kita sampaikan Senin (21/6/2021),” ujarnya. ()

Top Radio Banner
Comments
Loading...

Situs ini menggunakan kuki untuk memberikan pengalaman terbaik bagi anda dalam menggunakan layanan kami. Kami memegang komitmen untuk melindungi privasi anda dan menjadikan keamanan data menjadi prioritas kami SetujuBaca Lagi