Imbauan Bupati Manggarai Terkait Gempa yang Mengguncang Pulau Flores

Manggarai, Simantab. com – Pemerintah Kabupaten Manggarai mengimbau beberapa hal terkait gempa bumi yang melanda wilayah itu sejak Senin (21/02) pukul 20.38 WITA hingga Selasa (22/02) pukul 01.30 WITA.

Seperti diketahui, BMKG menjelaskan lokasi titik gempa berada di 8.12 LS, 120.70 BT (60) KM Timur Laut Ruteng, Kabupaten Manggarai di wilayah Flores.

Mengantisipasi terjadinya gempa susulan, Pemerintah Kabupaten Manggarai mengimbau agar masyarakat di wilayah pesisir tetap waspada dan diminta jangan panik.

Bupati Manggarai, Heribertus G. l. Nabit pada Selasa (22/02) malam mengatakan, sejauh ini Pemkab Manggarai sudah melakukan koordinasi dengan semua pihak, termasuk aparat Kecamatan dan Desa /Kelurahan, serta TNI dan Polri untuk siagakan posko di setiap Kacamatan.

Bupati Heri juga mengatakan, sekolah – sekolah yang terletak di wilayah yang lebih tinggi di Kecamatan Reok juga sementara dihubungi untuk disiapkan sebagai tempat pengungsian apabila terjadi hal yang tidak diinginkan .

“Untuk masyarakat di wilayah pegunungan saya meminta agar tetap waspada dan jangan panik. Khusus masyarakat yang berada di daerah rawan longsor agar segerah menghindar dari daerah tersebut,” tegasnya.

Lebih lanjut Bupati Heri mengatakan, pihak RSUD dr. Ben Mboi Ruteng dan Puskesmas juga sudah bersiaga. Para keluarga pasien juga diminta untuk tidak panik dan tetap waspada. Selain itu, kantor – kantor Pemerintah juga sedang disiapkan untuk tempat pengungsian apabila terjadi hal yang tidak diinginkan.

Menurutnya, Pemkab Manggarai bersama BMKG terus memantau setiap perkembangan informasi gempa dan terus menjalankan koordinasi dengan pemerintah pusat (BNPB).

“Saya minta masyarakat Manggarai agar mengakses informasi dari sumber – sumber resmi Pemerintah terutama dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi,” pintahnya.

Ia menambahkan, bagi seluruh masyarakat yang terdampak gempa, apabila membutuhkan bantuan atau informasi untuk segerah menghubungi posko Pemerintah Kabupaten Manggarai. Telepon 081283057950 (Kepala BPBD Kabupaten Manggarai) 085239237390 (Kabid Kesiapsiagaan) tutup Bupati Heri.