IKLAN SAMPING SIMANTAB oleh Silverius Bangun
IKLAN SAMPING SIMANTAB oleh Silverius Bangun

Intip Lebih Dalam Gedung Istana Bogor

Istana Bogor. (Foto: Setneg)

Jakarta – Istana Bogor merupakan satu dari enam Istana Presiden Republik Indonesia yang mempunyai keunikan tersendiri.

Istana ini memiliki aspek historis, kebudayaan, dan fauna. Salah satunya adalah keberadaan rusa-rusa yang didatangkan langsung dari Nepal dan tetap terjaga dari dulu sampai.

Namun untuk mengenal lebih jauh sisi terdalam istana kebanggan Indonesia ini, ayo kita lihat gedung-gedung yang ada di sana, sebagaimana dilansir dari akun Twitter Sekretariat Negara @KemensetnegRI.

Bagian pertama adalah Gedung Induk Utama yang terbagi menjadi delapan ruang dengan fungsinya masing-masing. Ada Ruang Garuda, Teratai, Film, dan Ruang Makan Utama atau Ruang Oval. 

Gedung Induk Utama. (Foto: Setneg)

Ruang selanjutnya yang ada di Gedung Induk Utama. Ada ruang kerja Presiden, ruang Perpustakaan, ruang famili, dan Kamar Tidur, serta Ruang Tunggu Menteri.

Ada ruang kerja Presiden, ruang Perpustakaan, ruang famili, dan Kamar Tidur, serta Ruang Tunggu Menteri. (Foto: Setneg)

Gedung Induk Sayap Kiri juga memiliki fungsi tersendiri dengan adanya Ruang Konferensi, serta Ruang Tidur dan Ruang Tengah. 

Gedung Induk Sayap Kiri. (Foto: Setneg)

Kemudian, Gedung Induk Sayap Kanan yang juga memiliki fungsinya tersendiri, yaitu sebagai tempat menginap bagi para tamu negara. 

Gedung Induk Sayap Kanan. (Foto: Setneg)

Tidak hanya gedung, Istana Kepresidenan Bogor juga memiliki beberapa paviliun untuk kediaman Presiden dan pendukung kegiatan kepresidenan.

Paviliun untuk kediaman Presiden dan pendukung kegiatan kepresidenan. (Foto: Setneg)

Istana Bogor berada di kota Bogor yang pada era kolonial bernama Buitenzorg atau Sans Souci yang berarti “tanpa kekhawatiran”.

Sejak tahun 1870 hingga 1942, Istana Bogor merupakan tempat kediaman resmi dari 38 Gubernur Jenderal Belanda dan satu orang Gubernur Jenderal Inggris.[]

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.