Dairi  

Pasar Komoditi Sidikalang Dipindah

Rapat Kesimpulan Pemindahan Pasar Komoditi Sidikalang Kamis (14/07/2022)

Dairi, Kepala Bagian Perekonomian Setda Dairi, Perusahaan Daerah (PD) Pasar Sidikalang, Dinas Perhubungan, Dinas Perindagop UKM, dan Satpol PP besok direncakan akan menggelar simulasi mekanisme pemindahan pasar komoditi pasar induk Sidikalang ke Sitinjo, yang di laksanakan di ruang rapat asisten perekonomian dan pembangunan Setda Kabupaten Dairi, Kamis (14/7/2022)

Dirut PD Pasar Sidikalang Jhon Tony Sidabutar mengatakan: Besok (15/7/2022) akan di laksanakan simulasi pemindahan pasar komoditi Sidikalang.

“Besok 15 Juli 2022 sekitar jam 11.30 akan dilakukan simulai pemindahan pasar komoditi pasar induk Sidikalang ke Sitinjo di beberapa tempat diantaranya di pusat pasar Sidikalang,” kata Jhon Tony.

Selain simulasi kata Jhon Tony akan dilakukan sosialisasi permindahan pasar Sidikalang ke Sitinjo.

Dalam sosialisa itu itu PD Pasar akan melengkapi dokumen sosialisasi meliputi daftar pedagang, asal, jenis komoditi dan nomor kontak sebagai bahan verifikasi.

Sementara Kepala Bagian Perekonomian Setda Kabupaten Dairi Livinus Sembiring menyebutkan ada 8 kesimpulan rapat dengan PD Pasar.

  1. Mekanisme pemindahan pasar komoditi telah disusun dan akan dilaksanakan simulasi pada 15 Juli 2022.
  2. Simulasi dilakukan dengan menempatkan petugas 5 pos yaitu di Blok C1 dan Blok D1 di pasar Sidikalang di simpang SPG, di simpang Sitinjo, arah Parbuluan, dengan masing – masing di tempati oleh menimal 6 petugas.
  3. Dinas perhubungan menempatkan 2 orang di setiap titik, Satpol PP menempatkan 3 orang setiap titik, didampingi oleh 1 orang dari PD pasar di setiap titik.
  4. Simulasi di simpang Sitinjo dilakukan dengan mengarahkan pedagang ke dalam wilayah pasar Sitinjo, sebagai pengenalan awal.
  5. Simulasi di simpang SPG dilakukan dengan mengarahkan pedagang ke pasar Sitinjo, sebagai pengenalan awal didahului dengan komunikasi kepada pihak Pakalima sebagai kordinator wilayah SPG sekitar.
  6. Simulasi di wilayah Sidikalang dilakukan dengan memberikan informasi lengkap, mengenai pasar komoditi Sitinjo.
  7. Kegiatan simulasi dilakukan pada 15 Juli 2022 dengan titik kumpul di Kantor PD Pasar Sidikalang pada pukul 11 : 30 WIB dimulai dari pembagian tugas dan mekanisme detail kegiatan.
  8. PD Pasar akan melakukan mekanisme promosi kepada pedagang di pasar Sitinjo sebagai, daya tarik seperti penyediaan kopi gratis, atau pembebasan biaya pada lapak di pasar Sitinjo dalam jangkau waktu tertentu.