Pemilihan Anak Perana dan Singuda-nguda Kabupaten Karo Digelar

Cover Pemilihan Anak Perana Singuda Nguda Karo Tahun 2022

Karo, Putra/i karo segera mendapatkan ajang untuk menunjukkan eksistensinya. Forum Anak Perana Singuda-nguda Karo (FANS KARO) menggelar pemilihan putra putri Karo di tahun 2022. Anak Perana adalah sebutan bagi orang karo yang belum menikah dan berjenis kelamin laki laki. Sedangkan singuda – nguda adalah sebutan untuk perempuan karo yang belum menikah.

Kontes kecantikan ala Kabupaten Karo ini digagas oleh pemuda pemuda karo yang sudah pernah mengikuti kegiatan serupa di tingkat propinsi bahkan tingkat nasional.

Susiko Loipebina Ginting, Bendahara Panitia kegiatan ini sendiri pernah mewakili tanah karo dalam Pemilihan Putri Otonomi Daerah beberapa waktu yang lalu. Dalam ajang tersebut, Susiko berhasil masuk top 12 Putri Otonomi Indonesia dan terpilih menjadi Duta Lingkungan Hidup APKASI (18/6/2022).

Amsalta Sinuhaji sebagai founder dari FANS KARO dan Ketua Panitia Pemilihan Anak Perana Singuda nguda Karo sendiri merupakan pemuda yang mencurahkan perhatiannya kepada perkembangan putra/i karo. Amsalta Sinuhaji adalah tokoh muda yang mendampingi dan menginisiasi tampilnya putra/i karo di ajang kontes kecantikan. Susiko Ginting yang menjadi duta Kabupaten Karo di Pemilihan Putri Otonomi Daerah Tahun 2022 adalah salah satunya.

“FANS Karo telah menyelenggarakan beberapa event kontes kecantikan seperti Miss Global Teens Karo, Putri Pariwisata Karo”.

Dalam  perbincangan dengan Efarina TV, Jumat (23/9/2022) di Medan, Amsalta Sinuhaji bercerita tentang kontes kecantikan Kabupaten Karo ini sudah dimulai dan ajang Grand Final akan diselenggarakan di Jamburta Ras, Berastagi pada 4 – 6 November 2022.

Para peserta yang lolos ke ajang Grand Final direncanakan akan mengikuti Karantina dan pelatihan dari para mentor yang berpengalaman di bidang kecantikan dan kontes kecantikan tingkat Kabupaten dan Propinsi hingga Pusat.

Riri Rangkuti, Viona Sekar Ayu, Susiko Ginting, Silverius Bangun dan Amsalta Sinuhaji

Syarat Pendaftaran

Bagi putra putri Karo yang ingin mengikuti ajang “Pemilihan Anak Perana Singuda Nguda Karo Tahun 2022, berikut ini adalah persyaratan yang harus dipenuhi oleh kontestan:

  1. Putra putri suku Karo yang memiliki ikatan darah dengan suku karo
  2. Berusia 16 – 23 tahun
  3. Belum pernah menikah
  4. Tinggi badan untuk putri minimal 160 cm dan 165 cm untuk laki laki
  5. Sehat jasmani dan rohani
  6. Mampu berbahasa Indonesia yang baik dan benar serta memiliki kemampuan berbahasa inggris
  7. Bebas dari penyalahgunaan narkotika
  8. Memiliki wawasan yang luas dan mampu mempresentasikan potensi wisata karo
  9. Tidak memiliki ikatan kontrak dengan manajemen atau agensi lain
  10. Berpenampilan menarik
  11. Siap mengikuti tahapan pemilihan dan siap bertugas jika terpilih

Jadwal dan Tahapan Pemilihan Putra/i Karo 2022

Amsalta Sinuhaji didampingi oleh Susiko Ginting menyampaikan jadwal dan tahapan pemilihan anak perana dan singuda nguda karo tahun 2022 adalah sebagai berikut:

  1. Sosialisasi Pemilihan 01 – 10 September 2022
  2. Pendaftaran Peserta 10 – 25 September 2022
  3. Seleksi Finalis 25 September – 5 Oktober 2022
  4. Penetapan dan Pengumuman Finalis 06 Oktober 2022
  5. Pra karantina 08 Oktober 2022
  6. Advokasi & Kampanye 15 – 31 Oktober 2022
  7. Karantina 04 – 06 Nopember 2022
  8. Grand Final 06 November 2022