IKLAN SAMPING SIMANTAB oleh Silverius Bangun
IKLAN SAMPING SIMANTAB oleh Silverius Bangun
NTT  

Rayakan HPN 2022 , AJO Manggarai Timur Lakukan Penghijauan di Desa Rana Mbeling

Anggota DPRD Manggarai Timur, Gorgonisius D. Bajang menanam anakan pohon di salah satu sumber mata air yang ada di Desa Rana Mbeling. Foto (Dok. AJO Matim)

Borong, Simantab.com,-Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2022, Aliansi Jurnalis Online (AJO) Kabupaten Manggarai Timur mengadakan kegiatan penghijauan di salah satu sumber mata air yang  di Desa Rana Mbeling Kecamatan Kota Komba Utara,Manggarai Timur, Rabu (9/2/2022).

Ketua AJO Matim, Yopie Moon di sela- sela kegiatan menjelaskan, aksi penanaman ratusan anak pohon di sumber mata air ini merupakan upaya untuk melestarikan alam sehingga tetap memberi manfaat bagi kehidupan masyarakat.

” Konteksnya memperingati hari pers nasional dengan melaksanakan kegiatan penghijauan di sumber mata air yang ada di Desa Rana Mbeling. Kalau sebelumnya kita menjalankan kegiatan- kegiatan yang bersifat ilmiah, hari ini kita menjalankan kegiatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat sehingga manfaat dari kegiatan ini bisa dirasakan oleh masyarakat di desa ini,” pungkasnya.

Ia menjelaskan, aksi penghijauan di sumber mata air ini memberi edukasi kepada masyarakat luas terkait pentingnya menjaga kelestarian alam apalagi menjaga sumber mata air yang memberikan manfaat luar biasa bagi kehidupan manusia.

” Apa yang dilakukan hari ini merupakan langkah awal bagi kami jurnalis online untuk selalu menjalankan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan upaya melestarikan alam ciptaan Tuhan yang sungguh luar biasa ini”, ujarnya.

Yopie Moon menepis isu- isu yang beredar bahwa saat ini masyarakat tidak lagi peduli dengan alam. Menurutnya, apa yang dilakukan oleh warga di Desa Rana Mbeling justru bermanfaat bagi kelestarian hutan lindung.

” Saya memberikan apresiasi bagi warga Desa Rana Mbeling karena telah berusaha menjaga kelestarian hutan adat yang ada di wilayah ini. Saya berharap agar upaya pelestarian alam termasuk menjaga sumber mata air ini tetap dilakukan di hari- hari yang akan datang,” tutupnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Manggarai Timur, Gorgonisius.D Bajang yang ikut serta dalam kegiatan tersebut menjelaskan, aksi penghijauan yang dilakukan oleh Aliansi Jurnalis Online Manggarai Timur sangat bermanfaat bagi generasi yang akan datang.

Menurut Bajang, menjaga hutan dan merawat lingkungan merupakan isu internasional yang saat ini gencar dibicarakan.

” Saya memberikan apresiasi kepada teman- teman jurnalis online Kabupaten Manggarai Timur yang sudah melaksanakan kegiatan yang sangat bermanfaat ini. Saya juga memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kecamatan Kota Komba Utara dan Pemerintah Desa Rana Mbeling yang sudah berkomitmen untuk menjaga kelestarian hutan. Saya berharap kegiatan- kegiatan seperti ini tetap dilaksanakan di hari- hari selanjutnya,” Pungkasnya.

Terpisah, Kepala Desa Rana Mbeling, Samforianus Arifman mengatakan, pemerintah desa Rana Mbeling sangat bersyukur dengan adanya kegiatan penghijauan yang dilakukan oleh Aliansi Jurnalis Online Manggarai Timur di wilayah desanya.

” Saya sangat bersukur karena dari sekian banyak desa yang ada di Kecamatan Kota Komba Utara, teman- teman jurnalis memilih Desa Rana Mbeling sebagai tempat untuk mengadakan kegiatan penghijauan dalam rangka memperingati hari Pers nasional tahun 2022 ini. Saya berharap, kedepannya kita tetap bekerja dalam upaya melestarikan hutan lindung ini,” ujar Arifman.

 

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.