Kantor Berita Simantab
Pusat informasi dan berita politik, ekonomi, hukum, budaya dari kabupaten karo, pakpak, dairi, toba, melayu, simalungun dan budaya jawa.

Esron Sinaga Dilantik Menjadi Sekretaris Daerah Kabupaten Simalungun

Strategi Cerdik Amankan Suara Katolik Untuk 2024?

Esron Sinaga yang dilantik sebagai sekda kabupaten simalungun menerima ucapan selamat dari Bupati Simalungun

Simantab, Simalungun

Berakhir sudah tarik menarik antara para tim sukses untuk memperjuangkan jagonya untuk menduduki kursi Sekretaris Daerah Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Hari ini, Bupati Simalungun Radiapo H Sinaga, SE, M.Si resmi melantik Esron Sinaga menduduki jabatan nomor satu di lingkungan ASN Pemerintah Kabupaten Simalungun.

Nama Esron Sinaga sedari awal sudah dicurigai oleh berbagai kalangan dipersiapkan untuk menjadi Sekretaris Daerah Kabupaten Simalungun menyusul timpangnya persaingan antara pendaftar yang melengkapi dokumen pendaftarannya ke panitia seleksi. ASN yang melengkapi berkas pendaftaran dan dinyatakan lengkap untuk menjadi kandidat Sekda hanya 3 (tiga) orang yaitu Esron Sinaga, SM Loedewik dan Akmal Siregar.

Konstelasi menuju Sekretaris Daerah Kabupaten Simalungun kembali bergairah setelah Timbul Jaya Sibarani, Ketua DPRD Kabupaten Simalungun yang merupakan tim utama dalam pencalonan Bupati Simalungun, Radiapo H Sinaga mempertanyakan kompetensi dan prestasi yang dimiliki oleh calon sekda dengan skor tertinggi Esron Sinaga di media massa.

Statement beliau yang seakan menunjukkan bahwa ada konstelasi antara kandidat dalam perebutan menjadi Sekda Kabupaten Simalungun. Apalagi salah satu kandidat yakni SM Loedewik adalah sekretaris DPRD Kabupaten Simalungun. Statement tersebut diartikan sebagai saran dan tekanan Ketua DPRD untuk mempertimbangkan kandidat lain.

Baca Juga:

Polisi “SmackDown” Demonstran

Kapolres Tangerang: Masih Bisa Jalan

Tentara Langit Syarifin Bangun Dipenjara Kedua Kalinya Dalam 1 Tahun

Polres Karo Abaikan SK 3 Menteri tentang UU ITE

Dewan Pers Verifikasi Faktual Efarina Televisi

Hendry CH Bangun: Perusahaan Pers Harus Bekerja Berdasarkan Undang Undang Pers

Beredar luas di kalangan pengamat bahwa dalam penentuan Sekda Kabupaten Simalungun ini terdapat tarik menarik antara dua kubu tim sukses yaitu kubu TJ yang mengusung SM Loedewik sedangkan Esron Sinaga di usung oleh Albert Sinaga Cs. Kubu TJ dengan kemapanan dalam koordinasi sebagai partai pengusung sekaligus juga dalam pembahasan pembahasan kebijakan pemerintah di gedung dewan nantinya sedangkan Kubu Albert Sinaga adalah perintis pencalonan Radiapo H Sinaga dalam mengikuti pilkada kabupaten Simalungun tahun 2020 dan merupakan jejaring utama katolik di Simalungun.

Dipilihnya Esron Sinaga, ASN dari Pemerintah Kota Pematang Siantar sebagai Sekretaris Daerah oleh Bupati Simalungun Radiapo H Sinaga merupakan sebuah siasat jangka panjang untuk memenangkan pilkada 2024. Karena senada dengan Timbul Jaya Sibarani beberapa waktu lalu, Esron Sinaga bukanlah ASN dengan prestasi sangat menonjol, bahkan banyak nada sumbang tentang kiprah beliau sebagai pejabat utama di Pemko Siantar. Pertimbangan utama dalam terpilihnya Esron Sinaga adalah pertimbangan elektoral jangka panjang dan mempertahankan jabatan Bupati pada Pilkada Kabupaten Simalungun tahun 2024 nantinya.

Pelantikan Esron Sinaga sebagai sekda Kabupaten Simalungun dilaksanakan pada hari kamis, 17 September 2021 di Balai Harungguaan Pematang Raya. Beliau dilantik berdasarkan Surat Keputusan Bupati Simalungun No. 188.45/17001/27.3/2021. Bupati Simalungun dalam arahannya menyatakan peranan Sekda yang demikian vital untuk mencapai visi dan misinya sebagai Bupati Simalungun. Dan mengharapkan Sekda untuk dapat bekerja maksimal untuk menjalankan tupoksinya yang demikian berat dan meningkatkan kiprah ASN untuk pelayanan masyarakat yang lebih baik. Visi Rakyat Harus Sejahtera yang digagas harus dicapai dengan kerjasama yang erat antara seluruh ASN di lingkungan pemerintah kabupaten Simalungun.

Tak lupa juga, Bupati Simalungun menyampaikan ucapan terima kasih kepada PJ Sekda Kabupaten Simalungun Sudiahman Saragih yang telah mengemban tugas sebagai Sekda selama beberapa bulan ini pasca pengunduran diri Sekda sebelumnya Mixnon Andreas Simamora.

 

Top Radio Banner
Comments
Loading...

Situs ini menggunakan kuki untuk memberikan pengalaman terbaik bagi anda dalam menggunakan layanan kami. Kami memegang komitmen untuk melindungi privasi anda dan menjadikan keamanan data menjadi prioritas kami SetujuBaca Lagi