IKLAN SAMPING SIMANTAB oleh Silverius Bangun
IKLAN SAMPING SIMANTAB oleh Silverius Bangun

Terapkan Prokes, Umat Islam Salat Idul Adha di Masjid Raya Medan

Jamaah laki-laki mengikuti salat Idul Adha 1442 H di halaman Masjid Raya Al Mashun Medan.

Medan – Sekitar seribuan umat Islam dengan mengikuti protokol kesehatan Covid-19, melaksanakan salat Idul Adha 1442 H di Masjid Raya Al Mashun Medan, Selasa (20/7/2021).

Antusias umat untuk melaksanakan salat cukup tinggi, hal itu tampak dari jamaah yang harus menggelar sajadahnya di halaman masjid.

Sekitar pukul 06:30, jamaah mulai berbondong-bondong memasuki areal masjid. Mereka tampak memakai masker dan membawa sajadah masing-masing sesuai imbauan Badan Kenaziran Masjid (BKM).

Sebelum memasuki areal masjid pun, jamaah diwajibkan untuk mencuci tangan dan melewati bilik disinfektan yang tersedia. Di pintu masuk masjid, pengurus BKM juga memeriksa satu persatu suhu tubuh jamaah.

Sedangkan petugas gabungan tampak berjaga di dalam lingkungan masjid untuk memastikan jamaah tetap menerapkan protokol kesehatan.

 

Jamaah wanita memadati halaman Masjid Raya Al Mashun Medan untuk melaksanakan salat Idul Adha 1442 H.

 

Salat Idul Adha dimulai sekitar pukul 07:40 WIB, diawali dengan tradisi kesultanan melayu. Pemangku Kesultanan Deli datang mengenakan baju khas melayu dan diikuti para pengawal saat memasuki masjid dengan kumandang takbir dan azan.

Datuk Empat Suku Kesultanan Deli, Datuk Adil Fredy Haberham mengatakan, pihaknya selama pelaksanaan salat Idul Adha terus mengimbau jamaah untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Sesuai dengan imbauan pemerintah selalu ada pembatasan pembatasan, alhamdulillah salat Idul Adha tahun ini cukup rapi, protokol kesehatan tetap dijalankan. Dan kita senantiasa mengimbau bahwa protokol kesehatan harus dijalankan dan tetap ditaati,” katanya.

Usai melaksanakan salat, jamaah diimbau untuk langsung pulang ke rumah masing-masing tanpa harus bersalaman antar jamaah. ()

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.