Amankan Pria Onar, Polisi Ditusuk Parang di Parapat

  1. Simantab, Simalungun – Ipda R Simanjuntak, anggota Polsek Parapat ditusuk parang oleh seorang warga yang mengamuk buat onar. Petugas terpaksa menembak pelaku untuk mengamankannya.

Kasi Humas Polres Simalungun Ipda Arwansyah kepada wartawan menjelaskan peristiwa penusukan terhadap Kanit Intelkam Polsek Parapat itu terjadi di Dusun II Nagori Sibaganding, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Kamis (10/02/2022) malam.

Ia menjelaskan pelaku HM (29) yang merupakan warga setempat dan Ipda R Simanjuntak telah dilarikan ke RSUD Parapat, untuk menjalani perawatan medis.

Arwansyah mengurai peristiwa bermula ketika polisi menerima informasi adanya warga meresahkan masyarakat sekitar. Pelaku berbuat onar dengan mengancan warga sembari menenteng senjata tajam jenis parang.

Sejumlah petugas Polsek Parapat dipimpin Ipda R Simanjuntak turun ke lokasi untuk mencari kebenaran laporan yang disampaikan masyarakat.

“Informasi disampaikan warga kepada personel Polsek Parapat, dan dengan segera langsung mendatangi TKP tersebut untuk mengamankan pria tersebut,” ujarnya.

Polisi yang tiba di lokasi pun membujuk pelaku. Namun pelaku terlihat makin beringas dan mengancam membunuh petugas. “Pergi Kalian, Jangan Pijak Rumah Ku, Ku Bunuh Kalian Semua,” ujar Arwansyah menirukan ucapan pelaku.

Upaya membujuk tetap dilakukan petugas untuk menenangkan HM, namun yang bersangkutan malah menyerang Ipda R Simanjuntak yang ditusuk dengan Parangnya dan mengenai telapak tangannya sebelah kanan.

Arwansyah mengatakan petugas bereaksi memberi peringatan berupa tembakan ke udara sebayak 2 kali, namun tetap pelaku tidak menghiraukannya.

“Mengingat HM tetap mengacungkan senjata tajamnya ke arah warga yang dapat membahayakan, petugas langsung melumpuhkan HM dengan melakukan tindakan tegas namun terukur berupa penembakan ke arah tangan kirinya yang memegang senjata tajam dan mengamankannya,” ujarnya.