Angka Kasus Covid-19 di Manggarai Timur Terus Melonjak

Manggarai Timur, Simantab. com – Puluhan Warga Desa Golo Tolang, Kecamatan Kota Komba Utara, Kabupaten Manggarai Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) terkonfirmasi positif Covid-19.

Berdasarkan hasil rapid test antigen yang dilakukan oleh petugas Puskesmas Ketang, terdata 13 orang siswa dari SDN ketang, 12 orang siswa SMAN 5 Kota Komba,1 orang siswa SMK Peot, 1 orang tenaga kesehatan Puskesmas Ketang, serta 1 orang masyarakat terkonfirmasi positif Covid-19.

Etin merupakan salah satu siswa SMA yang terpapar positif covid-19 menjelaskan, adapun gejala yang mereka alami dari kepala pusing, bersin hingga tenggorokan sakit.

“Kepala terasa pusing, tenggorokan sakit, bersin dan daya tahan tubuh mulai tidak stabil,” jelas Etin kepada awak media, Selasa (01/03)

Kepala Desa Golo Tolang Arkadeus Ngalas, yang turut memantau pelaksanaan rapid, menegaskan pemdes sudah menghimbau agar mereka jalankan isolasi mandiri sambil menanti petugas kesehatan untuk lakukan penangan yang sesuai dengan peraturan covid-19.

“Untuk 24 orang yang terpapar covid-19 saya perintahkan untuk isolasi mandiri. kalaupun gejalanya parah maka kita langsung bawah ke shelter Covid-19 kabupaten Matim. Pemdes bersama lembaga pendidikan dan Puskesmas akan terus berkoordinasi dan melakukan sosialisasi serta mengunjungi mereka dari rumah ke rumah,” tegas kades Arkadeus

Sementara itu Kepala Sekolah SDN Ketang Honoratus Mamilianus mengatakan berdasarkan surat edaran dari Dinas PPO Kabupaten Matim, untuk lembaga pendidikan SDN ketang akan terapkan belajar dari rumah selama dua pekan.

“Tadi surat pemberitahuan dari dinas PPO Matim sudah saya terima. Saya sudah umumkan keseluruh siswa untuk belajar dari rumah selama dua minggu,”kata Hironatus.

Terpisah, Albertus Handu, petugas laboratorium pemeriksaan rapid tes antigen Puskesmas Ketang menuturkan, hasil rapid 24 orang dinyatakan postif corona.

“Untuk penangan awal, petugas berikan beberapa jenis obat seperti Cavipleks dan paracetamol guna menjaga agar imun tubuh mereka tetap stabil. Kami juga ingatkan mereka untuk patuhi protokol kesehatan selama masa isolasi, sambil menunggu hari kelima untuk kita lakukan rapid lagi,” tuturnya

Menurut data dari Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Manggarai Timur, tercatat 28 orang warga Desa Golo Tolang terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil rapid test antigen yang dilakukan oleh petugas kesehatan Puskesmas Ketang sejak Senin (28/2) hingga Selasa (1/3).

” Dari 88 orang yang melakukan rapid test antigen, 28 orang dinyatakan positif sedangkan 60 lainnya dinyatakan negatif,” ujar Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Manggarai Timur, Jefrin Haryanto pada Selasa (1/3).

Ia merincikan,dari 28 orang yang dinyatakan positif, 13 orang siswa SDN Ketang,12 siswa SMAN 05 Kota Komba,1 orang siswa SMK Leot, 1 orang Nakes dan 1 orang masyarakat.

” Kalau kita lihat ini merupakan transmisi lokal ya dari klaster sekolah. Karena kebanyakan yang positif itu anak sekolah,”ujar Jefrin Haryanto.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, Bupati Manggarai Timur, Andreas Agas sudah mengeluarkan instruksi terkait upaya mengatasi penyebaran Covid-19 di Kabupaten Manggarai Timur.

“Hari ini Bupati Manggara Timur sudah mengeluarkan instruksi terkait upaya pengendalian Covid-19 yang terus meningkat,” pungkas Jefrin.