Hukum, NTT  

Baru Sebulan di PHO, Ruas Jalan Ruteng – Labuan Bajo Kembali Rusak

Manggarai, Simantab. Com – Jalan Nasional milik Kementrian PUPR segmen Kabupaten Manggarai hingga Kabupaten Manggarai Barat kini kembali rusak.

Baru sebulan di PHO, ruas jalan yang dikerjakan PT.Waigete Abadi kembali rusak. Akibat kerusakan tersebut justru mendapat sorotan dari LSM Lembaga Pengkaji Peneliti Demokrasi Masyarakat (LPPDM).

Ketua LSM LPPDM, Marsel Nagus Ahang, mengatakan, perawatan jalan yang menelan anggaran hingga miliaran rupiah itu diduga berkualitas buruk.

Hal itu menurutnya lantaran terlihat banyak titik kerusakan pada segmen yang dikerjakan PT. Waigete Abadi.

“Itu pembangunannya seperti apa, baru sebulan di PHO sudah banyak titik yang rusak. Jalan yang menggunakan hotmix seharusnya bertahan lama. Akan tetapi kenyataan di lapangan justru terlihat banyak yang rusak, ujar Marsel”.

Selain itu, ia juga mempertanyakan sistem pengawasan lapangan. Pihaknya meminta kementrian PUPR untuk segerah memperbaiki pada setiap titik kerusakan. Sebab menurutnya, jalan tersebut masih dalam masa pemeliharaan.

Ketua LSM LPPDM itu juga mendesak pemerintah provinsi untuk berkoordinasi dengan pemerintah pusat terkait permasalahan ini, sehingga bisa diatasi oleh pemerintah pusat.

Sementara, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK),Viktor Nale saat dimintai keterangannya pada Selasa (8/02) mengatakan bahwa, rencananya hari Jumat kami perintahkan pihak terkait untuk segera melakukan perbaikan, tandasnya.