IKLAN SAMPING SIMANTAB oleh Silverius Bangun
IKLAN SAMPING SIMANTAB oleh Silverius Bangun

Beredar Akun Palsu Medsos Bank Mandiri

Online, Banyak beredar akun akun palsu media sosial bank mandiri. Akun akun kriminal tersebut, didesain menyerupai akun medsos bank mandiri.

Seperti yang saya alami sendiri, ketika mengalami masalah dalam penggunaan bi-fast pada livin mandiri. Maka saya me-mention @mandiricare di twitter.

Kemudian beberapa saat, akun akun palsu ini, mengirim dm dengan mengarahkannya kepada no whatsapp. Sepintas penampilan whatsapp yang terkoneksi juga menggunakan profil resmi layaknya bank mandiri.

 

Dengan penampilan yang sangat mirip ini, saya terlena dan saya diarahkan ke whatsapp yang sudah disiapkan oleh penipu tersebut.

Layaknya pegawai bank beneran, mereka saya diminta menjelaskan kendala saya. Selesai dijelaskan, saya diminta untuk memfoto kartu atm depan dan belakang.

Saya belum sadar, saya sudah masuk kedalam jebakan mereka, Saya fotokan dan kemudian, costumer service palsu ini menyatakan akan mengirimkan refund dana transfer yang saya lakukan.

Sebelumnya dia mempertanyakan saldo rekening saya, setelah saya sebutkan jumlahnya hanya ratusan ribu, costumer service palsu ini menyatakan bahwa saya harus setor lagi, karena syarat untuk menerima refund adalah saldo minimal 1 juta rupiah.

Pada saat inilah saya sadar bahwa saya sudah terjebak dalam sebuah penipuan perbankan dan saya selamat hanya karena saldo saya persis sama dengan batas saldo minimal.

Belajar dari hal tersebut, Simantab memberikan beberapa tips pada pembaca yaitu:

  1. Pastikan ejaan dari akun medsos yang men-dm anda adalah persis sama dengan yang tertera di flyer bank anda.
  2. Jangan pernah melayani foto kartu atm anda, baik tampak depan dan belakang karena dengan memiliki no kartu dan cvv anda, maka mrk leluasa menguras saldo anda.
  3. Pastikan bahwa anda tidak akan memberikan cvv dan password atm anda serta informasi data pribadi anda.

Selanjutnya, untuk menekan angka penipuan perbankan maka simantab sudah melakukan pengumpulan data, akun akun penipuan perbankan dengan media sosial twitter khususnya untuk bank mandiri.

Simantab menyajikan daftar username akun twitter yang dapat dipastikan sebagai penipuan perbankan yaitu:

  1. @mandiricarecs
  2. @adehermawaan
  3. @oktasuyadi
  4. @_cust_mandiri
  5. @layanan78262743

Dan banyak akun akun twitter yang lain, jika kita scrolling di @bankmandiri maka klarifikasi dari bank mandiri bahwa akun tersebut bukanlah akun resmi bank mandiri banyak terlihat.

Yang menjadi pertanyaan adalah akun tersebut diatas masih eksis beroperasi, apakah bank mandiri tidak melakukan pelaporan ke instansi terkait sehingga akunnya di suspend.

Apa Ciri Ciri Akun Sosial Media Bank Mandiri

  1. Akun sosial bank mandiri sudah memiliki centang biru, yang menandakan sudah terverifikasi oleh twitter.
  2. Akun media sosial bank mandiri hanya terdapat 4 buah yaitu: @bankmandiri, @mandiricare, @livinpoin dan @mandiricard

So … buat pembaca semua, untuk berhati hati, karena bank mandiri tidak akan pernah bertanggungjawab terhadap hilangnya saldo anda karena keteledoran seperti yang saya ceritakan tadi.

 

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.