Bos IMF Prediksi Indonesia Akan Lolos Dari Jebakan Resesi Dunia

Ekonomi, Indonesia diyakini akan lolos dari resesi dunia. Setelah beberapa negara berkembang tumbang dan menyerah terhadap tekanan ekonomi dunia seperti Srilanka dan beberapa negara di eropa.

Prediksi ini disampaikan oleh Kristiana Georgieva, Direktur International Monetary Fund (Dana Moneter Internasional) ketika berkunjung ke Pusat Perbelanjaan Sarinah, 17 Juli 2022.

Kemungkinan Indonesia kena resesi sangat kecil namun mungkin akan terjadi pelemahan ekonomi karena terjadinya pengetatan kebijakan fiskal di beberapa negara.

Kristiana menyatakan bahwa lembaganya memprediksi Indonesia akan melewati tahun 2022 ini dengan pertumbuhan ekonomi yang sehat.

Sikap optimisme lembaga keuangan internasional ini merupakan angin segar bagi masyarakat Indonesia. Karena hal ini juga menggiring pasar keuangan untuk lebih optimis dan mendongkrak rupiah untuk tetap menjadi nilainya pada ambang batas.

Ditempat berbeda ketika mendampingi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menerima Direktur IMF Kristiana Georgieva di Istana Bogor, Airlangga Hartanto Menteri Perekonomian menyatakan bahwa peluang Indonesia terkena resesi hanya 3 %.

Dalam pertemuan tersebut Presiden Jokowi menjelaskan tentang kebijakan fiskal yang diterapkan dan langkah langkah sinkronisasi yang dilakukan untuk menjamin ketahanan ekonomi Indonesia.