Kantor Berita Simantab
Pusat informasi dan berita politik, ekonomi, hukum, budaya dari kabupaten karo, pakpak, dairi, toba, melayu, simalungun dan budaya jawa.

Drama Adu Penalti di Arena Nationala, Swiss Singkirkan Prancis

Kiper Swiss Yann Sommer berlari meluapkan kegembiraannya usai menjadi pahlawan dalam adu penalti melawan Prancis.

Medan – Tim nasional Swiss berhasil menyingkirkan juara Piala Dunia 2018 Prancis dari Euro 2020 setelah melalui pertandingan yang dramatis di Arena Nationala, Bucharest, Rumania, Selasa (29/6/2021) dinihari WIB.

Laga yang dipimpin wasit asal Argentina Fernando Rapallini berkesudahan dengan keunggulan Swiss 4-5 melalui adu penalti.

Sebelumya laga di waktu normal 90 menit berakhir dengan skor 3-3, dan dilanjutkan dengan tambahan waktu 2×15 menit. Namun di waktu tambahan ini, kedua tim tetap tak mencetak gol.

Dalam adu penalti ini, kiper Swiss Yann Sommer tampil sebagai pahlawan setelah memblok tendangan Kylian Mbappe yang maju sebagai algojo kelima Prancis.

Mengawali laga di babak pertama, Les Blues Prancis mengambil inisiatif untuk mengendalikan permainan dan tampil menyerang.

Beberapa peluang sempat hadir untuk Prancis seperti sundulan Raphael Varane yang masih melambung diatas mistrar.

 

BACA JUGA

 

Saat asyik menyerang, Prancis justru dikagetkan oleh gol dari penyerang Swiss Haris Seferovic di menit 15. Berawal dari serangan yang dibangun di lini tengah, bola bergulir ke bek kiri Steven Zuber, yang selanjutnya mengirim bola ke kotak penalti Prancis.

Disana ada Seferovic yang dengan bebas menanduk bola untuk menggetarkan jala Hugo Lloris. Skor 0-1 untuk Swiss.

Pada menit 23, anak asuh Didier Deschamps mendapatkan peluang emas untuk menyamakan kedudukan, namun sontekan dari Karim Benzema yang berdiri bebas masih mampu ditepi kiper Yann Sommer yang tampil cemerlang. Dan skor 0-1 bertahan hingga babak pertama usai.

 

Tendangan Paul Pogba menembus jala Swiss.

 

Memasuki babak kedua, Swiss yang ditukangi Vladimir Petkovic, mendapat kesempatan untuk menambah keunggulan dari titik putih. Sayang, Ricardo Rodriguez yang maju sebagai eksekutor gagal memanfaatkannya.

Prancis mendapatkan momentumnya , dimulai dari gol penyerang Karim Benzema di menit 57 membuat kedudukan imbang 1-1.

Mendapat umpan dari Kylian Mbappe, Benzema berhasil mengontrolnya dan menuntaskannya dengan melepaskan tendangan chip yang mengecoh kiper Yann Sommer.

Pada menit 59, Prancis berbalik memimpin dengan skor 2-1. Benzema kembali menggetarkan jala Swiss menuntaskan umpan dari Antoine Griezmann.

Di menit 75, Prancis makin menjauh setelah tendangan dari Paul Pogba tak mampu dihalau oleh Yann Sommer.

Di penghujung 10 menit babak kedua, drama pun dimulai setelah Swiss secara mengejutkan mencetak dua gol untuk menyamakan kedudukan.

Pada menit 81, Haris Seferovic kembali mencatatkan namanya di papan skor dan mengubah kedudukan menjadi 2-3.

Kemudian, pada menit 90, Mario Gavranovic tampil sebagai pahlawan usai tendangannya ta mampu dihalau Hugo Lloris.

Menerima umpan dari lini tengah, Gavranovic kemudian mengontrolnya sesaat untuk selanjutnya mengecoh bek Prancis Presnel Kimpembe, dan diakhiri dengan tendangan yang tak mampu dihalau Lloris. Skor 3-3 hingga peluit panjang berbunyi.

 

Pemain dan ofisial Swiss meluapkan kegembiraan usai memastikan lolos ke babak perempat final Euro 2020.

 

Dalam waktu tambahan 2×15 menit, tidak banyak peluang yang tercipta dan kedua tim tak mampu mencetak gol. Sehingga pertandingan harus dituntaskan melalui adu penalti.

Empat eksekutor Prancis sukses menjaringkan bola, yakni Paul Pogba, Olivier Giroud, Marcus Thuram dan Presnel Kimpembe.

Begitu juga dengan empat eksekutor pertama Swiss berhasil menjalanan tugasnya masing-masing Mario Gavranovic, Fabian Schaer, Manuel Akanji dan Ruben Vargas.

Penyerang Prancis yang bermain untuk klub PSG, Kylian Mbappe maju sebagai eksekutor yang kelima, namun tendangannya berhasil dihalau Yann Sommer.

Di kubu Swiss, Admir Mehmedi tampil sebagai eksekutor kelima dan dengan tenang menaklukkan Lloris. Kiper Yann Sommer dan pemain lainya pun kemudian berlarian untuk merayakan keberhasilannya lolos ke babak perempat final setelah menghentikan laju Prancis.

Di babak perempat final nanti, Swiss akan berhadapan dengan Spanyol usai mengandaskan perlawanan Kroasia dengan skor 3-5. ()

Top Radio Banner
Comments
Loading...

Situs ini menggunakan kuki untuk memberikan pengalaman terbaik bagi anda dalam menggunakan layanan kami. Kami memegang komitmen untuk melindungi privasi anda dan menjadikan keamanan data menjadi prioritas kami SetujuBaca Lagi