Kantor Berita Simantab
Pusat informasi dan berita politik, ekonomi, hukum, budaya dari kabupaten karo, pakpak, dairi, toba, melayu, simalungun dan budaya jawa.

Survei Indikator: Ganjar, Anies, Prabowo dan Ridwan Kamil Capres Teratas

Jakarta – Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei nasional tentang Persepsi Ekonomi dan Politik Jelang Lebaran. Dari hasil temuan survei itu, terkait politik pemilu muncul empat nama calon presiden (capres) teratas pilihan responden.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Burhanuddin Muhtadi dalam bagian pemaparannya menyebut, survei dilakukan 13-17 April 2021 dengan melibatkan 1.200 responden yang tersebar secara acak di Tanah Air. Memiliki toleransi kesalahan (margin of error–MoE) sekitar 2.9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Survei dilakukan lewat telepon.

“Pertanyaan Pilpres semi terbuka 17 nama. Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ridwan Kamil adalah empat nama teratas dan relatif berimbang sebagai capres pilihan saat ini,” kata Burhanuddin dalam rilis yang disiarkan daring, Selasa (4/5/2021).

Nama-nama lain yang cukup didukung namun lebih sedikit, terang dia, antara lain Sandiaga Uno dan AHY. Sisanya sekitar 24.1 persen responden masih belum menjawab.

Sementara jika pemilihan legislatif diadakan saat ini, masyarakat menjatuhkan pilihan kepada parpol PDIP dan Gerindra teratas, masing-masing memperoleh 25.3 persen dan 13.1 persen.

Kemudian Golkar 9.2 persen, Demokrat 8 persen, PKB 7.2 persen, PKS 7.2 persen, PPP 2.4 persen, dan Nasdem 2.3 persen. 

“Partai-partai lain lebih sedikit didukung warga. Masih ada 21.1 persen yang belum menjawab,” ujar Burhanuddin.

Rilis nasional itu sendiri menghadirkan sejumlah narasumber lainnya, diantaranya Ketua Umum Kadin Rosan Roeslani, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, anggota DPR dari Golkar Ace Hasan Syadzily, Sekjen PAN Eddy Soeparno, dan Peneliti Senior Indef Enny Sri Hartati. ()

BACA JUGA

Top Radio Banner
Comments
Loading...

Situs ini menggunakan kuki untuk memberikan pengalaman terbaik bagi anda dalam menggunakan layanan kami. Kami memegang komitmen untuk melindungi privasi anda dan menjadikan keamanan data menjadi prioritas kami SetujuBaca Lagi