Dairi  

Kebakaran Di Desa Silomboyah Dairi, 1 Anak Disabilitas Meninggal Dunia

DAIRI, Tiga unit rumah terbakar dan satu dirusak dalam kebakaran yang terjadi di Dusun III Barisan Sitono, Desa Silomboyah, Kecamatan Siempat Nempu Hulu, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, Jumat (22/7/2022). Selain kerugian harta benda, kebakaran tersebut menyebabkan satu orang tewas yakni Lamhot M Banjarnahor (11) tahun.

Lamhot M Banjarnahor merupakan anak penyandang disabilitas yang saat terjadinya kebakaran tersebut ditinggal sendiri di dalam rumah.

Kapolsek Tigalingga AKP SP Siringoringo didampingi Kepala Desa Silomboyah Gomgom Simanullang ditemui di lokasi kebakaran mengatakan saat terjadi kebakaran, korban di rumah seorang diri sedangkan bapak korban sedang kerja bertukang dan istrinya pergi ke ladang.

Warga sekitar lokasi kebakaran mencoba menyelamatkan korban dengan cara memanggil nama korban. Akan tetapi asap hitam dan kobaran api yang besar membuat warga tidak berani mendekat.

“Korban merupakan anak keempat dari delapan bersaudara,” kata SP Siringo-ringo.

Setelah api padam, korban ditemukan sudah meninggal dunia dalam kondisi hangus. Selanjutnya korban dibawa ke Puskesmas Silomboyah KM 11 Siempat Nempu Hulu.

“Usai di visum korban diserahkan ke pihak keluarga untuk di kebumikan,”terang SP Siringo-ringo.

Kapolsek dalam penjelasannya menyatakan bahwa kebakaran tersebut menghanguskan 3 unit rumah dan 1 korban jiwa. Sedangkan untuk mencegah kebakaran semakin besar maka satu rumah dirubuhkan oleh masyarakat.

Rumah yang terbakar yakni milik, Magindo Banjarnahor, (42), Albiner Situmorang (62), Lamhot Lumbangaol (51) dan rumah yang dirusak milik Mariden Manullang (71).

“Asal api diduga dari kompor gas dari rumah milik Magindo Banjarnahor. Untuk kerugian ditaksir mencapai Rp. 400 juta rupiah,”sebut SP Siringoringo.

Kebakaraan tersebut dapat dipadamkan setelah Pemerintah Kabupaten Dairi mengirimkan 3 unit Pemadam kebakarannya ke lokasi kejadian. Pemadaman oleh tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Dairi ini memakan waktu hampir 1 jam.

Sementara itu Kepala Desa Silomboyah Gomgom Simanullang menyampaikan, kejadian kebakaran sudah dilaporan ke Dinas BPBD dan Dinas Sosial Kabupaten Dairi. Dan keluarga korban kebakaran untuk sementara tinggal dirumah saudaranya.