LPPP Teknologi Putra Bangsa Tebing Tinggi Misterius?

Simantab, Simalungun, Lembaga Pusat Pendidikan dan Pelatihan Teknologi Putra Bangsa Tebing Tinggi sedang menjadi sorotan karena dipercaya menjadi penyelenggara tunggal pelatihan life skill dengan bidang keahlian Tata Boga kepada ibu ibu PKK dari tiap desa se Kabupaten Simalungun.

Dan pencarian yang dilakukan oleh simantab, tidak menemukan lembaga yang dimaksud. Lembaga Teknologi Putra Bangsa ini misterius dan dapat dikategorikan fiktif?

PelatihanĀ life skillĀ dengan menggunakan dana desa ini diselenggarakan mulai tanggal 3 Desember sampai dengan 7 Desember 2021 di Berastagi dengan bidang keahlian tata boga.

Lembaga ini menurut proposal yang simantab peroleh menyelenggarakan aktivitasnya di Jalan Pulau Sumatra Gg. Amalia No. 79 Kelurahan Tualang, Kecamatan Padang Hulu Kota Tebing Tinggi Sumatera Utara.

Kantor Berita Simantab sudah mengirimkan pesan untuk meminta informasi kepada pengelola lembaga tersebut ke nomor Whatsapp namun belum memperoleh konfirmasi.

Untuk memberikan perimbangan berita, Simantab melakukan searching di google namun tidak ada aktivitas dari lembaga tersebut yang terekam oleh mesin pencari nomor wahid ini.

Selanjutnya verifikasi terhadap eksistensi lembaga ini, dilakukan simantab dengan melakukan komunikasi dengan Balai Diklat Medan yang berada dibawah naungan Kementerian Perindustrian namun Balai Diklat Medan juga tidak ada mencatat eksistensi lembaga ini dibidang pelatihan tata boga.

Bahkan Balai Diklat Medan mencatat eksistensi tempat uji kompetensi Neko Neko Cake and Bakery yang beralamat di Perdagangan Kabupaten Simalungun sebagai tempat uji kompetensi.

Selanjutnya simantab mencari eksistensi lembaga ini dalam menyelenggarakan kursus yang diselenggarakan oleh kementerian pendidikan melalui situs E-Prop Ditsuslat (kemdikbud.go.id) tidak tercatat eksistensi lembaga ini dalam menyelenggarakan pelatihan yang dibiayai oleh kementerian pendidikan melalui jalur seleksi dan kompetisi.

Selanjutnya simantab melakukan penjajakan ke kementerian hukum dan HAM di situsnya www.ahu.go.id untuk mengetahui status badan hukum dari teknologi tunas bangsa yang menyeleggaraka pelatihan tersebut.

Dari hasil penelusuran diperoleh informasi bahwa yayasan teknologi tunas bangsa beralamat di kota bandung jawa barat. Simantab sudah mengajukan permohonan detail tentang informasi perubahan terakhir, susunan pengurus yayasan serta maksud dan tujuan yayasan dimaksud.

Dan akhirnya simantab melanjutkan perjalanan langsung ke lokasi berdasarkan alamat yang tertera di dokumen yang kami peroleh dan ternyata dilokasi tersebut tidak terdapat lembaga pelatihan.

Gg, Amaliun sendiri hanya terdiri dari beberapa rumah dan berbatasan langsung dengan sungai. Dilokasi tersebut tidak ditemukan plank lembaga dan masyarakatpun sama sekali tidak mengetahui lembaga tersebut.

Memang terdapat satu yayasan dilokasi tersebut namun namanya bukanlah yayasan teknologi putra bangsa dan pengurus yang ditemui oleh simantab seperti kebingungan dan menyatakan kami bukan penyelenggara pelatihan.

Ini adalah kondisi gg amaliun di tebing tinggi:

Untuk mengklarifikasi tentang temuan ini, Simantab sudah menghubungi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Nagori Kabupaten Simalungun Sarimuda Purba dan belum mendapat konfirmasi. Selanjutnya Simantab menghubungi no HP kontak untuk penyelenggara pelatihan juga tidak mendapatkan konfirmasi.

 

catatan redaksi: Judul telah mengalami perubahan judul dari sebelumnya, LPPP Teknologi Putra Bangsa Tebing Tinggi Fiktif? menjadi LPPP Teknologi Putra Bangsa Tebing Tinggi Misterius? – Demikian kesalahan telah diperbaiki