Iklan JR Saragih

Satjan Marsada Sigalingging Dipercaya Sebagai Ketua Karang Taruna Kecamatan Parbuluan

DAIRI – Satjan Marsada Sigalingging terpilih sebagai Ketua Karang Taruna Kecamatan Parbuluan periode 2023-2028. Dirinya terpilih secara aklamasi dalam Temu Karya Daerah Karang Taruna Kecamatan Parbuluan, Kamis (8/6/2023).

Temu Karya Karang Taruna Kecamatan Parbuluan ini dibuka secara resmi oleh Camat Parbuluan yang di wakili oleh Kasi Tata Pemerintahan Trio Sitohang.

Ketua Karang Taruna Kabupaten Dairi Davit Rikardo Silitonga, melalui Carataker Karang Taruna Parbuluan Maria Dimitria Tabitha Berutu mengungkapkan, bahwa karang taruna bersama sama dengan Pemerintah dan komponen masyarakat lainnya untuk menanggulangi berbagai masalah kesejahteraan sosial terutama yang dihadapi generasi muda, baik yang bersifat preventif, rehabilitatif maupun pengembangan potensi generasi muda di lingkungannya.

“Karang Taruna Kecamatan Parbuluan harus lebih kreatif dan inovatif, dengan potensi Pertanian yang harus lebih di galakkan dengan Program Petani Milenial serta UMKM Naik Kelas melalui Taruna Wira Usaha.”Ucap Setjen Karang Taruna Tersebut.

 

Diketahui, Di Desa Parbuluan V sudah ada Kawasan Pertanian Terpadu (KPT) yang menjadi Program Pemerintah Kabupaten Dairi dalam penanganan Inflasi dan Kerja sama antar Daerah Kabupaten Dairi dan Pemko Medan.

“ini menjadi tantangan kita untuk lebih menunjukan potensi daerah parbuluan, dengan adanya PLUT KUMKM Dairi menjadi kebanggan kita untuk bisa belajar menciptakan Produk-Produk Turunan, karna di PLUT KUMKM kita akan di ajari membuat Analisa Usaha, Cara Pengolahan, Pengemasan dan Marketing Produk turunan untuk mewujudkan One Village One Product,” Katanya.

Ketua Karang Taruna Dairi Davit Silitonga menerangkan, 2030 – 2045 diperkirakan Bangsa Indonesia akan menghadapi era bonus demografi, maka karang taruna harus dapat mewujudkan Bonus Demografi yang berkualitas dengan perencanaan yang matang.

“Bonus demografi menjadi kesempatan strategis bagi kita, untuk melakukan berbagai percepatan pembangunan dengan dukungan sumber daya manusia (SDM) berusia produktif yang melimpah. Apalagi, tahun 2030 terdapat agenda besar pembangunan berkelanjutan,” Tuturnya.

Disebutkanya, Karang Taruna harus menjadi pelopor untuk menciptakan lapangan pekerjaan untuk generasi produktif, dengan Hilirisasi hasil sumber daya alam kabupaten Dairi.

 

“seperti yang sudah dilakukan oleh Sekretaris Karang Taruna Kabupaten Dairi Maria Dimitria Tabitha Berutu membuat produk turunan Ulos Tenun Silalahi menjadi Tas, Sepatu, Syal serta Kopi Sidikalang dengan Produk sachet dengan Kopi Aur Sidikalang, sudah saatnya potensi-potensi SDA kita bisa lebih kita kembangkan,”pintahnya.

Dalam pelaksanaan sidang pleno yang dipimpin oleh 3 (tiga) orang pengurus Karang Taruna Kabupaten Dairi, Satjan Marsada Sigalingging ditetapkan sebagai calon tunggal dan terpilih secara aklamasi.

Setelah terpilih, selanjutnya Satjan Marsada Sigalingging bersama 5 tim formatur lainnya akan menyusun kepengurusan Karang Taruna Kecamatan Parbuluan untuk masa bakti 2023-2028 mendatang.

Temu Karya Karang Taruna Kecamatan Parbuluan periode 2023-2028 ini diikuti oleh 7 dari 11 Ketua Karang Taruna Desa se-Kecamatan Parbuluan serta pengurus Karang Taruna Kabupaten Dairi yakni Ketua Davit R Silitonga, Sekretaris Maria Dimitria Tabitha Berutu.

Ketua Karang Taruna Kecamatan Parbuluan terpilih Satjan Marsada Sigalingging menyampaikan ucapan terima kasih atas amanah yang telah diberikan sebagai Ketua Karang Taruna Kecamatan Parbuluan periode 2023-2028. Kemenangan ini adalah milik bersama keluarga besar Karang Taruna Kecamatan Parbuluan.

“Izinkan saya untuk mohon doa dan supportnya untuk bersama-sama membangun karang taruna lebih baik lagi. Marilah kita berjuang bersama membangun karang taruna dan Kecamatan Parbuluan ke depan,” katanya.

Menurut Satjan Marsada Sigalingging, karang taruna adalah organisasi sosial. Oleh karenanya agar keberadaan karang taruna ini dapat dirasakan oleh masyarakat dan dapat tetap eksis berdiri, maka perlu kekompakan dan kebersamaan.

“Marilah kita bersinergi bersama pemerintah. Tantangan-tantangan besar ke depan pasti akan menunggu. Bila kita tidak bergerak maju maka kita akan tertinggal dari yang lain. Oleh karena itu mari rapatkan barisan dan kobarkan semangat pemuda,” Pungkasnya.

Josua Sitohang
Author: Josua Sitohang

Jurnalist

Iklan RS Efarina

Tinggalkan Balasan