Kantor Berita Simantab
Pusat informasi dan berita politik, ekonomi, hukum, budaya dari kabupaten karo, pakpak, dairi, toba, melayu, simalungun dan budaya jawa.

Tandika Sianturi, Vlogger Cilik dari Tapanuli

Tandika Sianturi. (Foto: Tandika&EbenFilm)

Doloksanggul – Gaya bicaranya ceplas-ceplos, dan bagi sebagian orang itu menggemaskan. Pipinya bulat bak donat, membuat penontonnya tak bosan melihat dan mendengar ocehannya.

Namanya Tandika Sianturi, bocah SD yang berasal dari Muara, Kabupaten Tapanuli Utara. Dia mulai aktif menjadi seorang vlogger, setahun terakhir saat tinggal bersama kakaknya di Kabupaten Humbang Hasundutan.

Terungkap saat dia berbincang santai dengan pemilik PT Totalindo, Donald Sihombing pada 10 Juli 2021 di rumah mereka di Simpang Tiga Paranginan, Kabupaten Humbahas.

Aktivitas vlogger Tandika diunggah di akun YouTube Tandika dan Eben Film. Hingga sejauh ini, jumlah penontonnya sudah cukup banyak, terakhir memiliki 61,2 subscriber.

“Halo gaess, happy dukdar,” begitu Tandika selalu mengawali aksinya, sebelum lebih jauh membahas apa saja yang menjadi bahan ocehannya.

Baca Juga:

Pilot Wanita Indonesia Untuk Pesawat Tempur

Webinar Kementerian Pertahanan Tentang Wanita Berprestasi

Hj. Netty Br Sembiring, a Strong Mother

Berhasil Menjaga Keharmonisan Keluarga Dalam Segala Situasi

Jenasah Alm Hj. Netty Br Sembiring Telah Tiba Di Kuta Mbaru

Jenasah Akan Dikebumikan Sebelum Zuhur

Bocah yang masih 10 tahun tersebut, dalam setiap aksi vlog tak jarang ditimpali sang adik bernama Mika, kakaknya bernama Noni dan abangnya, Eben.

Setiap kali Tandika muncul dengan siaran langsung, cukup banyak penontonnya, terutama netizen dari kalangan orang Batak termasuk dari perantauan. 

Aksinya sendiri dikomentari ribuan netizen dan video hasil live dibagikan hingga ratusan kali. Dalam aksi vlog-nya, Tandika selain merekam aktivitas pribadinya seperti berjualan mangga, juga mengobrol dengan sejumlah pihak yang datang mengunjunginya.

Terakhir pada 10 Juli 2021 lalu, dia dikunjungi Donald Sihombing, orang Batak dan terkaya nomor 14 se-Indonesia pada 2019 oleh Forbes.

Mereka mengobrol hampir 30 menit dan disiarkan langsung Facebook. Videonya tampak di Facebook Tandika&EbenFilm, disaksikan 15 ribuan, dikomentari dua ribuan, dan dibagikan 591 kali.   

Pasca ngobrol lepas itu, dua hari berikutnya Donald datang bersama Bupati Humbahas 2005-2015 Maddin Sihombing. Mereka sengaja menjemput Tandika untuk dibawa keliling naik mobil mewah jenis Alphard milik Donald. 

Tandika bahkan diboyong ke rumah Maddin di Lintongnihuta, Kabupaten Humbahas. Di sana mereka ngobrol dan lagi-lagi gaya dan cara Tandika menjadi vlogger cukup menyenangkan bagi Maddin dan Donald.

Penghasilan dari YouTuber

Dikutip dari qoala.app, penghasilan YouTuber pemula maupun profesional setidaknya bisa didapat dari tiga pihak, yakni langsung dari YouTube, perusahaan komersial atau pihak ketiga yang ingin produk usahanya diiklankan, dan dari penjualan barang atau jasa yang YouTubers jual sendiri. 

  1. YouTube Ads

YouTube akan memberikan komisi penghasilan kepada pemilik channel yang memenuhi persyaratan setiap bulannya untuk mendukung biaya operasional dan hidup para YouTuber yang rutin mengunggah video ke websitenya. 

Istilah yang digunakan sejatinya bukan gaji atau penghasilan, melainkan pembagian komisi dari YouTube ads/AdSense.

  1. Affiliate Marketing

Affiliate marketing alias pemasaran afiliasi merupakan sebuah hubungan timbal balik yang saling menguntungkan antara YouTuber dan perusahaan komersial. 

Penghasilan YouTuber indonesia ini didapat setelah seorang content creator memasarkan produknya. Jadi pertama-tama harus ada kesepakatan kerja sama antara pihak e-commerce dan pemilik channel. 

Selanjutnya, YouTuber akan mengiklankan tentang produk atau promo yang sedang dibuat oleh perusahaan itu di video unggahannya.

  1. Endorsement

Endorsement paling umum didapat para YouTuber. Kabarnya beberapa YouTuber mematok bayaran sekitar Rp750 ribu per 1.000 penonton. Pastinya kamu sering melihat video endorsement di awal, tengah maupun akhir video idola kamu saat memperkenalkan sebuah produk tertentu. 

Biasanya produk yang dipromosikan memiliki keterkaitan sama isi konten yang dibuat. Tujuan mereka menyelipkan iklan untuk mendapat keuntungan dari metode endorsement. Istilah itu amat populer untuk media sosial Instagram, termasuk juga YouTuber.

  1. Jualan

Sumber penghasilan YouTuber lainnya yakni dari penjualan. Cara satu ini memang paling sedikit dibanding cara di atas lainnya. Rata-rata yang memanfaatkan metode ini yakni perusahaan besar yang mengiklankan langsung produknya lewat video yang diunggah oleh pihak adminnya.

Syarat Mendapatkan Penghasilan dari YouTube

Sumber penghasilan YouTuber 1 juta subscribers maupun 1000 subscribers biasanya berasal dari iklan. 

Caranya adalah dengan melakukan monetisasi channel sehingga penonton video di channel YouTube kamu akan melihat iklan sebelum video dimulai. 

Tentu ada beberapa syarat-syarat yang ditentukan oleh YouTube sebagai syarat monetisasi YouTube yang harus kamu penuhi:

a. Memiliki lebih dari 4000 jam waktu tonton publik selama 12 bulan terakhir

b. Memiliki lebih dari 1000 subscriber

c. Punya akun AdSense yang ditautkan.[]

Top Radio Banner
Comments
Loading...

Situs ini menggunakan kuki untuk memberikan pengalaman terbaik bagi anda dalam menggunakan layanan kami. Kami memegang komitmen untuk melindungi privasi anda dan menjadikan keamanan data menjadi prioritas kami SetujuBaca Lagi